Login

PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI POS PAUD PERMATA, SURAKARTA

Vol. 1 No. 2 (2021): JANUARI 2021:

Nur Hasanah (1), Dina Pertiwi Ajie (2), Vivi Sufiati (3)

(1) IAIN Kudus, Indonesia
(2) Himpaudi Surakarta, Indonesia
(3) Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media teknologi infomasi dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di POS PAUD Permata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru  dan kepala sekolah di POS PAUD Permata. Tahapan analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa PEnggunaan media teknologi informasi dalam pembelajaran daring di POS PAUD Permata, Surakarta sudah dilakukan dengan baik, media teknologi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran daring. Media yang sering digunakan guru adalah Whatsapp, Youtube dan Zoom. Whtasapp adalah media yang paling sering digunakan karena mudah dan murah, sedangkan youtube dan zoom sering dikeluhkan orangtua karena gangguan sinyal dan kuota internet yang boros. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan youtube dan zoom dengan terjadwal agar pembelajaran lebih bervariatif namun tidak memberatkan.

References

Reimers FM, Schleicher A. (2020). A framework to guide an education response to the COVID-19 Pandemic of 2020. OECD.

Reluga, T.C., (2010). Game theory of social distancing in response to an epidemic. PLoS computational biology. Vol 6(5).

Tabi’in. (2020). Problematika Stay At Home. Jurnal Golden Age. Vol 04(01).

Hasanah N,. Drupadi R. (2020). Perilaku Prososial Anak selama Pandemi Covid-19. Buana Gender. Vol5 No 2.

Hendy Puspita Primasari. (2020). Tantangan dalam pembelajaran PAUD pada masa Pandemi. Diunduh:http:// news.koranbernas.id/berita/detail/tantangan-dalam-pembelajaran paudpada-masa-pandemi.

Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar PAUd. Jakarta: PT Indeks.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education.Vol, 2(3).

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Trisnani. (2017). Pemanfaatan WhatsApp sebagai media komunikasi dan kepuasan dalam penyampaian pesan dikalangan tokoh masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika. 6(3), 1–12.

Andi Miladiyah. (2017). Pemanfaatan WhatsApp Messenger info dalam pemberian informasi dan peningkatan kinerja pada sub bagian program pemerintah dan peningkatan kinerja pada sub bagian program pemerintah propinsi Sulawesi Selatan (Tesis). Diakses dari http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/tem porary/DigitalCollection/YjI5ZDdmNGMyZDFmYzAwZjY0ZTY2Y2UyMjU5NzU0NDk1NmUyMTRmYw==.pdf

Larasati, W.,dkk. (2013). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Pada Mahasiswa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Diakses dari https://www.academia.edu/10886930/Efektivitas_Pemanfaatan_Aplikasi_WhatsApp_sebagai_Sarana_Diskusi_Pembelajaran_Pada_Mahasiswa_Survei_Pada_Mahasiswa_Ilmu_Komunikasi_Fakultas_Ilmu_Sosial_dan_Humaniora_Angkatan_2012_UIN_Sunan_Kalijaga_Yogyakarta_?auto=downl

Winarso, B. (2015). Apa Itu WhatsApp, Sejarah dan Fitur-fitur Unggulannya Diakses dari https://dailysocial.id/post/apa-itu-whatsapp

Wibawanto, T. (2020). Pemanfaatan Video Conference Dalam Pembelajaran Tatap Muka Jarak Jauh alam Rangka Belajar Dari Rumah.

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2016). Pembelajaran Berbasis Video Untuk Anak

Generasi Z. Universitas Mercubuana