Login

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENGETAHUAN CIPTAAN ALLAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HAMZANWADI PANCOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Vol. 1 No. 2 (2021): JANUARI 2021:

Syifa'atul Jannah (1)

(1) Universitas Hamzanwadi, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran  make a match terhadap pengetahuan ciptaan Allah pada anak usia 4-5 tahun di TK Hamzanwadi Pancor Tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen desain One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian adalah 15 orang anak TK pada kelompok A2. Proses pengumpulan data menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Data analisis penelitian menggunakan uji validitas dengan expert judgmen, uji normalitas  dengan  rumus chi-kuadrat, uji hipotesis menggunakan statistik parametris rumus t-test. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan ciptaan Allah anak kelompok A2 dengan model pembelajaran make a match pada pretest sebesar 6,87 dan postetst meningkat menjadi 9,8. Sehingga terjadi peningkatan pengetahuan ciptaan Allah dengan model pembelajaran make a match sebesar 2,93. Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan Ciptaan allah pada metode make a match pada ada anak kelompok A2.

References

Helmawati. (2015).Mengenal dan Memahami PAUD.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Pemerintah No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Pudjawan, ketut., Ujianti, Putu., Resmini, Ni.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A.Jurnal Mimbar Ilmu. Volume 24, Nomor 2, hal.203-204

Rahyuni, Sang Ayu Putu., Agung, Gede., Suarni, Ni Ketut. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1, hal.1-10

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta