ANALISIS MANFAAT FINGER PAINTING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERBASIS KONSEP PRIBADI, PROSES, PENDORONG, PRODUK (4P) BAGI ANAK USIA DINI

Penulis

  • Akhyun Nafydah Siregar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ismet Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jcc.v2i1.1653

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa pendidikan anak usia dini yang melakukan kegiatan menggambar dengan cara menggambar biasa seperti menggunakan pensil warna, krayon dan pensil yang membosankan. Kemudian penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa finger painting merupakan salah satu kegiatan yang menarik bagi anakdan dapat mengembangkan kretivitas seni lukis atau gambar anak usia dini di Taman kanak-kanak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apa saja manfaat finger painting dalam mengembangkan kreativitas pribadi, pendorong, proses, produk (4P) bagi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menelaah sumber data sekunder beripa artikel ilmiah hasil penelitian dan buku yang relevan dengan penelitian. Setelah data diperoleh selanjutnya data dianalisis sehingga diperoleh hasil. Hasil temuan menunjukkan finger painting bermanfaat dalam mengembangkan kreativitas 1) pribadi meliputi kemandirian, melatih imanjinasi, dan mengasah bakat, 2) pendorong bagi rasa semangat, antusias, dan keaktifan anak, 3) proses kreativitas kelancaran, alami dan keluwesan, dan 3) produk atau hasil karya yang bervariasi, indah, unik dan bermakna bagi anak usia dini.

Referensi

Abdul, K,N. (2020). Penerapan Kegiatan Finger Painting Untuk Mengembangkan Seni Lukis Pada Anak Usia Dini di Tk Bunda Kandung Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini. 5 (1).

Aisyah. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No.2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Anshori, M. & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Surabaya: UNAIR.

Asmawati, Luluk. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecedasan Jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 11. Edisi 1. https://doi.org/10.211009/JPUD.111.10

Astria, Nina. dkk. (2015). Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. eJournal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id).

Astuti, Fuji. (2013). Menggali Dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bahasa, Sastra dan Seni. Vol 14 (1). ISSN 1411-3732-3732, Online ISSN 2548-9097. https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950

Atabik, A. & Burhanuddin, A. (2015). Prinsip Dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3 No. 2. 264-280

Cahyati, Anis. (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kreativitas. e-Journal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nomor 1

Citrowati, E. dan Mayar, F. (2019). Strategi Pengembangan Bakat Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 3 Nomor 6.

Debeturu, Balandina & Wijayaningsih, Lanny. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Puffer Ball. Jurnal Obsesei: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3 Issue 1.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: ArRuzz Media. Fakhriyan, Diana Vidya. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. Vol. 4, No. 2.

Harahap, L. W. (2018). Play Finger Painting in Creative Art Model to Help Smooth Motoric Development and Creativity of Group a in Kindergarten at Aek Loba Pekan Village. Proceedings of The 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL), 18–21.

Harahap, Nursapia. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’. Volume 08 Nomor 01.

Istiana, Yuyun. (2014). Konsep-konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika. Vol 20 No 2.

Jumilah. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Finger Painting Usia 5-6 Tahun Di TK Harapan Bunda Pekanbaru. PAUD Letura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1.

Kurnia, S. D. (2015). Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 285–302.

Listyowati, Anies. & Sugiyanto. (2014). Finger Painting. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Manggau, Arifin & Usman, Arifuddin. (2019). Kreativitas Anak Melalui Melukis Dengan Jari (Finger Painting) Di Taman Kanak-kanak Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual†ISBN: 978-602-555-71-1.

Maulana, I. (2019). Pengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 nomor 5(5).

Maulidya U., S. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayar, S. & H. (2019). Analisa Manfaat Seni Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1397–1402.

Mayar, F., Husin, S, H., & Sari. (2019). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak melalui Kegiatan Menggambar Bebas Setiap Hari di Taman kanak-Kanak Darussalam Gadut. Jurnal Pendidikan tambusai, 3(3),1365-1373. ISSN 2614-3097(online).

Mulyasa. (2012) . Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Dhafet, N.A.M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD Volume 1, Nomor 2.

Nona, dkk. (2019). Pengaruh Metode Menggambar Bebas Dengan Teknik Menarik Benang Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Gerbang Indah Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen Vol.3.

Prastowo, Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rachmah, N.M. (2019). Efektivitas Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Melukis Anak Kelompok B Di Raudlatul Athfal Muslimat Nu 75 Miftahul Huda Gresik. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Rachmawati, Yeni. (2016). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana.

Rakimahwati. (2012). Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Pendidikan Anak Usia Dini . Padang : UNP Press.

Ramdini, T. P. (2019). Peranan Kegiatan finger painting terhadap Perkembangan Seni Rupa dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 nomor 6, 936–945. SSN: 2614-6754, ISSN: 2614-3097.

Sartika, L., Kurniah, N., &Wembrayarli, W. (2018). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting pada Anak Usia Dini Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 43-48.

Sit, Masganti. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing.

Sudarna. (2014). PAUD Berkarakter Melejitkan Kepribadian Anak Secara Utuh. Yogyakarta: Genius.

Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang UNP Press.

Suryana, Dadan. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. In Jakarta : Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi dan Maulidya Ulfah. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, Muhammad Dani & Amanah Fathani. (2018). Developing Skills Of Art Using The Explisit Instruction Model ith finger Painting Made ini Kindergarten. Atlantis Press Advancess in Social Science, education and Humanities Research, volume 274 1st International conference on Creativity Innovation Technology in Education (IC-CITE 2018).

Wulandari, A., Bahrun., & Rosmiati. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Finger Painting Di Kb Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Volume 5 (1), 80- 89.

Yulsyofriend., Septiriani. (2020). Permainan Meniup Cat Poster dapat Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4(2). Halaman 1091-1100.

Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-14

Terbitan

Bagian

Articles