HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DENGAN TEMPER TANTRUM ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v2i1.1778Abstrak
Peran orang tua sangat berperan penting dalam pembentukan kepribadian anak, khususnya kecerdasan emosional anak. Penerapan cara pengasuhan yang tepat dimasa pancemi covid-19 bisa mempengaruhi perkembangan serta pertumbuhan anak. Penerapan cara pengasuhan yang salah bisa menimbulkan tantrum pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh otoriter dengan tantrum anak dimasa covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuanttatif korelasional. Populasi yang digunakan merupakan orang tua yang mempunyai anak dan sampel yang digunakan 50 orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Teknik analisis data menggunakan SPSS 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh otoriter dengan tantrum anak, dilihat dari hasil person correlation sebesar 0,740 > rtabel dengan sig.0,05. karena rhitung bersifat positif artinya semakin meningkatnya pola asuh otoriter yang diterapkan maka akan meningkat pula tantrum pada anak. Penelitian ini bisa dijadikan informasi akan pentingnya pengasuhan yang tepat kepada anak, agar bisa mengurangi bentuk terjadinya tantrum
Referensi
Andri Hikmania, 2017. Skripsi “ hubungan pola asuh orang tua dengan temper tantrum pada anak usia dini di taman kanak-kanak kota malang “. 2017.
Astri, Nur. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Dharma Wanita Ngawi, Vol 87, No 1,2, 2019, Bll 149–200.
Fakriyatur, Alif, en Andia Kusuma Damayanti. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolahâ€. Psikovidya, vol 22, no 2, 2019, bll 144–63, doi:10.37303/psikovidya.v22i2.110.
Hanura, Andra. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah (3-5tahun) di Paud Pelangi II Desa Kepel Kec.Kare Kab. Madiun. 2017.
Kurnianto, Bagas, en Ravita Deasy Rahmawati. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemiâ€. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), vol 1, no 1, 2020.
Nadhiroh, Alvin. “Strategi penanganan anak padaâ€. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Piaud, vol 01, no 03, 2018, bll 1–72.
Sekar Rizkia, Psikologi, Jurusan, et al. Temper Tantrum Pada Anak Pra Sekolah. 2013. Setianingsih, Dina. “Perbedaan Kedisiplinan Belajar SISWA Ditinjau dari Pola Asuh
Orangtuaâ€. Jurnal Skripsi, 2007.
Sitti, Rahmah, et al. Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak Didesa Pematang Gajah Rt 02 Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. no 1, 2020, bll 1–9.
Sofiyanti, I., et al. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak di Masa Pandemiâ€.
Call for Paper …, 2020, bll 26–34.
Sukantin, et al. “Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Diniâ€.
Bunayya, vol 6, no 2, 2019, bll 156–71.
Suyadi, 2010:23-24. the Golden. no October, 2010, bll 1–48.
Syam, Subhan. “Hubungan Pola Asuh Orang Terhadap Kejadian Temper Tantrum Anak Usia Toddler Di Paud Dewi Kunti Surabayaâ€. Jurnal Promkes, vol 1, no 2, 2013, bll 164–69.
Wulansari, Mutiara. Perilaku Tantrum Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Marditama Timbulharjo Sewon Bantul. no September, 2015.