EVALUASI PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA PAS BINA TAZKIYA SIMO SLAHUNG PONOROGO

Penulis

  • Elysa Tri Nur Wijayanti STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31316/jcc.v2i2.2134

Abstrak

Abstrak: Evaluasi menjadi salah satu komponen yang penting sebagai alat untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam sebuah sekolah apabila pelaksanaannya telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh sekolah, sehingga pembelajaran lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan evaluasi hasil belajar anak usia dini di RA PAS Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini menggunakan hasil dari observasi pelaksanaan evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini di RA PAS Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo sebagai berkut: (1) Merumuskan dan Menyusun Program Kegiatan; (2) Merumuskan dan Menyusun Program Kegiatan; (3) Melakukan Penilaian Berdasarkan Teknik dan Kriteria; (4) Mengumpulkan dan Melaporkan Penilaian Kepada Orang Tua. Berdasarkan penelitian yang lakukan, bahwa Evaluasi Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini di RA PAS Bina Tazkiya Simo Slahung telah sesuai dengan prosedur evaluasi pembelajaran anak usia Peraturan Menteri No 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Bab VI Pasal 21 menjelaskan tentang mekanisme penilaian.

 

Kata kunci: Evaluasi, Penilaian, Hasil Belajar, Anak Usia Dini

 

Abstract: Evaluation is an important component as a tool to improve the quality of education in a school if its implementation is in accordance with the procedures set by the school, so that learning is of higher quality. The purpose of this study was to determine how to evaluate the implementation of the evaluation of early childhood learning outcomes at RA PAS Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo. This study used descriptive qualitative method. The data of this study used the results of the observation of the evaluation and documentation. The results showed that the Evaluation of the Implementation of Evaluation of Early Childhood Learning Outcomes at RA PAS Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo as follows: (1) Formulating and Developing Program Activities; (2) Formulating and Composing an Activity Program; (3) Conduct an Assessment Based on Techniques and Criteria; (4) Collecting and Reporting Assessments to Parents. Based on the research carried out, that the Evaluation of the Implementation of Evaluation of Early Childhood Learning Outcomes IN RA PAS Bina Tazkiya Simo Slahung has been in accordance with the procedure for evaluating children's learning, Ministerial Regulation No. 137 of 2014 concerning Standards for Early Childhood Education in Chapter VI Article 21 describes the assessment mechanism. Keywords: Evaluation, Assessment, Learning Outcomes, Early Childhood

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-27

Terbitan

Bagian

Articles