Penerapan Karakter Cageur, Bageur, Pinter di TK Al Ma'soem Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v2i2.2199Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai : 1) Sejarah TK Al Ma’soem; 2) Karakter Cageur, Bageur, Pinter di TK Al Ma’soem; 3) Model Pembelajaran di TK Al Ma’soem. Metode yang digunakan studi literatu. Tujuan pengambilan data melalui studi literatur ditujukan untuk mencari celah dan memberikan inspirasi dalam melakukan pengumpulan data khususnya data sekunder. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dengan datang langsung ke TK Al-Ma’soem Bandung dan dokumentasi pada saat melakukan penelitian. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan tujuan agar data yang telah diperoleh dapat diuji tingkat validitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) TK Al-Ma’some Bandung merupakan sebuah lembaga dalam lingkup yayasan yang bernama “Al-Ma’soem†yang terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, dan Universitas; 2) Cageur, Bageur, Pinter yang artinya Cager itu sehat jasmani dan rohaninya, Bageur itu baik akhlaknya, budi pekertinya dan Pinter (cerdas); 3)   Model pembelajaran yang dipakai oleh TK Al- Masoem adalah model sudut yang terinspirasi oleh Montessori.
Â
Referensi
Aprily, Nuraly Masum dan Anggi maulana rizqi. 2021. Cageur bageur bener pinter singer : filosifi pengasuhan sunda dalam pendidikan karakter di Raudhatul Athfal. Jurnal ilmiah pendidikan dan tenaga kependidikan pendidikan non formal. Vol. 16, No. 1.
Hermawati, Nisa. 2018. Resiliensi Orang Tua sunda yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Jurnal psikologi islam dan budaya. Vol. 1, No. 1
Indriasari, Ika and Setyorini, Noni. 2018. The impact of work passion on work performance: the moderating role of P-O fit and meaningfulness of work. Diponegoro International Journal of Business Vol. 1, No. 1, pp. 26-32.
Suherman, Agus. 2018. Penguatan Karakter bagi generasi milenial berbasis kearifan lokal. Jurnal kajian bahasa, sastra dan budaya daerah serta pengajarannya. Vol. 9, No. 2.
Utami, Kharista Setyo Nur. 2021. Representasi filosofi cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), pinter (pintar), tur singer (kerja kreatif) terhadap upaya penguatan karakter peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Historia : jurnal pendidik dan peneliti sejaran Vol. 4, No. 2, pp. 119-221.