CHILDREN'S SOCIAL INTELLIGENCE IN THE TRADITIONAL GAME "DINGKLIK OGLAK-AGLIK"
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v3i1.3315Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan permainan tradisional “Dingklik Oglak-Aglik†dalam proses mengasah kecerdasan sosial anak usia dini. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini membutuhkan pendekatan yang tepat untuk mengoptimalkan potensi penuh dari kecerdasan sosial anak. Permainan tradisional merupakan salah satu cara yang mudah dalam menanamkan nilai-nilai positif dalam berinteraksi secara sosial dengan tidak melupakan unsur budaya tradisional dari lingkungan anak, selain itu juga sebagai upaya untuk melestarikan permainan lingkungan setempat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian di lapangan dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan tradisional dingkilik oglak-aglik mampu memberikan peranan positif untuk mengasah kecerdasan sosial anak. Hal tersebut dapat dilihat dalam analisis secara kuantitatif bahwa dalam semua indikator dari kecerdasan sosial anak usia dini memiliki tingkat prosentase yang tinggi, dicapai melalui kegiatan permainan tradisional “dingklik oglak-aglik. Analisis secara kualitatif permainan tradisisonal dingklik oglak-aglik dapat menggambarkan keseluruhan isi indikator kecerdasan sosial.
Referensi
Albercht Karl. Social Intelligence: The New Science Of Success.San Fransisco : Josssey-Bass.2006.
Amstrong Thomas. Multiple Intelligences In The Classroom. Alexandria Virginia USA: ASCD. 2009.
Bordova, Elena&Leong, J. Deborah. Do Play and Foundational Skills Need to Compete for The Teacher’s attention in an early Childhood Classroom. JournalERIC Digest.2003
BPPLSP. Model Pembelajaran Paud Melalui Permainan Tradisional. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta. DEDIKNASRI:BPPLSP. 2006.
Fad, Aisyah, Kumpulan Permainan Tradisional Anak Indonesia. Jakarta:Cerdas Interaktif(Penebar Swadaya Grup). 2014
Goleman, Daniel. Social Intelligence: The New Science of Human Relationship. London: Arrow books, 2006
Hughes Marcia, Thompson L Henry. Handbook For Developing Emotional And Social Intellegence. San Fransisco: Pfeiffer, 2009.
Hurlock, Elizabeth B.Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga,1978.
Mie Tientje, Nurlaila N.Q dan Yul Iskandar. Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi. Jakarta: Dharma Graha Group.2004.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2001 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Dasar Dan Menengah.Surabaya: Usaha Nasional. 2001.
Syaodih, Ernawulan.Psikologi Perkembangan Anak. Makalah disampaikan dalam kegiatan P2M. Lembang (14 Agustus 2002)
Syaodih, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.2005.