PENGARUH MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP KONSERVASI SUBSTANSI ANAK USIA 6-7 TAHUN DI TK ABA AMONG PUTRO II SONOSEWU
Abstrak
Konsep konservasi substansi pada anak usia dini merupakan kemampuanb anak untuk memahami bahwa perubahan bentuk benda tidak mempengaruhi jumlah banyaknya suatu benda. Untuk mengasah kemampuan konsep konservasi substansi dapat dilakukan melalui berbagai media dan aktivitas. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan media                          manipulatif terhadap kemampuan konsep konservasi substansi anak usia 6-7 tahun di TK ABA Among Putro II Sonosewu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pre experimental jenis One-Group Pretest-Posttest Design, teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes kemampuan konsep konservasi substansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah anak kelompok B yang terdiri dari 16 anak. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrumen, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t-test. Hasil uji validitas mendapatkan nilai korelasi sebesar 0,63, sehingga instrumen kemampuan konsep konservasi substansi dinyatakan valid karena hasil keseluruhan diatas 0,3. Dan hasil uji reliabilitas instrumen kemampuan konsep konservasi substansi sebesar 0,71, sehingga instrumen dinyatakan reliabel karena hasilnya diatas 0,6. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan konsep konservasi substansi anak usia 6-7 tahun dengan nilai thitungsebesar 15,237 dan ttabel sebesar 1,729, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t-test ada pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan konsep konservasi substansi anak usia 6-7 Tahun di TK ABA Among Putro II Sonosewu.
                                                                                       Â
Kata Kunci : Media Manipulatif, Konsep Konservasi Substansi, Anak Usia Dini
Referensi
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik, VI(01), 72-89.
rumsari. (2014). Kemampuan Konservasi Panjang Pada Siswa Usia 6-7. Jurnal Gantang, 3(2), 109–116.
Briggs. (1977). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2), 152–161.
Kurnila, V. S., Ramda, A. H., Mulu, H., Jeramat, E., & Jundu, R. (2019). Permainan Interaktif Berkarakter bagi Anak Kelompok Basis Gereja Santu Fransiskus dalam Mengembangkan Kemampuan Konservasi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 226.
Santrock, John W. (2012).Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.