MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DENGAN PEMBERIAN APRESIASI

Penulis

  • Agis Setiawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan apakah terdapat peningkatan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun dan pemberian apresiasi. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini seluruh anak PAUD Amarjaya Desa Babakanreuma tahun Kesimpulan bahwa dalam perencanaan dan pelaksanaan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui pemberian apresiasi telah menemukan hasil dari rasa percaya diri anak setelah menggunakan pembelajaran dengan pemberian apresiasi dilihat dari sebelum penelitian dilaksanakan anak di PAUD Amarjaya Desa Babakanreuma memiliki rasa percaya diri kurang maksimal dapat dilihat pada penelitian siklus I diketahui anak yang memiliki rasa percaya diri dengan kategori berkembang sangat baik hanya 0 anak atau 0%. Pada siklus II anak yang memiliki rasa percaya diri meningkat menjadi 9 anak atau 36%. Pada siklus III bertambah lagi menjadi 23 anak atau 92%. Dengan demikian tujuan penelitian dalam proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah peneliti laksanakan sudah terjawab, yaitu bahwa dalam pembelajaran untuk meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui media pemberian apresiasi dapat meningkatkan kreativitas anak.

Diterbitkan

2023-08-31

Terbitan

Bagian

Articles