MENINGKATKAN KEPEKEAAN ANAK PADA KEJADIAN ALAM MELALUI METODE EKSPLORASI-DISCOVERY DENGAN LINGKUNGAN PENEMUAN TERKONTROL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan anak pada lingkungan terutama pada kebermanfaatan lingkungan seperti angin yang dapat berpotensi menjadi sumber energi untuk memudahkan kehidupan manusia. Metode eksplorasi-discovery dengan lingkungan penemuan terkontrol dalam penelitian ini digunakan sebagai tindakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. TeknikĀ pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Dari olah data ditemukan bahwa rata-rata kepekaan anak yang ditandai dengan ukuran kepekaan pada sub tema angin yaitu sebesar 65,50 pada siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebanyak 76%, 13 anak tuntas dan 4 belum tuntas. Hasil Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu menjadi rata-rata 80,35, anak tuntas yaitu 16 anak, kurang 1 anak tuntas dari 17 anak. Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 94%. Perbaikan tindakan yang menjadi kekurangan pada siklus I berhasil meningkatkan jumlah anak tuntas dari 76% menjadi 94% artinya ada 18% peningkatan jumlah anak. Dapat disimpulkan, Metode eksplorasi-discovery dengan lingkungan penemuan terkontrol mampu meningkatkan kepekaan anak pada lingkungannya