PENINGKATAN HASIL BELAJAR KARYA SENI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN GIRITONTRO
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v1i1.913Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar karya seni di TK Negeri Pembina Kecamatan Giritontro. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas B1 yaitu rendahnya hasil belajar karya seni dalam kegiatan kolase di TK Negeri Pembina Kecamatan Giritontro. Pada kondisi prasiklus dari 15 anak hanya 6 anak yang dapat tuntas atau sekitar 40% terdiri dari 6 anak (40%) mendapat nilai BSH dan tidak ada yang mendapat nilai BSB, siklus I sebanyak 9 anak atau 60% dapat tuntas terdiri dari 1 anak (6,7%) mendapat nilai BSB dan 8 anak (563,3%) mendapat nilai BSH. Pada siklus II sebanyak 13 anak tuntas atau 86,6% terdiri dari 3 anak (20%) mendapat nilai BSB dan 10 anak (66,6%) mendapat nilai BSH. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar karya seni di TK Negeri Pembina Kecamatan Giritontro. Hasil penelitian tersebut bermanfaat dalam memberi gambaran bagi guru tentang pemilihan material untuk membuat karya seni kolase.Referensi
Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Bawono, Y dan Wahidah, S. 2015. Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, Volume 2, Nomor 1, April 2015, hal 1-75. Terdapat dalam : https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/viewFile/1807/1497. Diakses pada 24 April 2020.
Muharrar Verayanti.2013. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik. Esensi: Erlangga Group.
Permendikbud RI No.137.2014. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud RI No.146.2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sutriana., Sapri,J., Kurniah,N. 2019. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Motorik Kasar (Studi pada Siswa PAUD Semarak Sanggar, Arga Makmur). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 2019. Terdapat dalam : https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/viewFile/7202/3509. Diakses pada 24 April 2020.
Undang-Undang nomor 20.2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta