PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN MELALUI METODE PEMECAHAN MASALAH DENGAN MEDIA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK B TK MADHANI

Penulis

  • Devi Devi TK Madhani Lamunre
  • Subhan Subhan Prodi PIAUD IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31316/jcc.v1i1.917

Abstrak

Pada lokasi penelitian 10 dari 17 subjek (58%) belum maksimal memahami konsep pengukuran dimana anak masih lemah dalam membedakan konsep panjang dan pendek, berat dan banyak serta konsep volume dan waktu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 langkah penerapan tindakan yakni perecanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dimana pada tahap pelaksanaan peneliti menggunakan Metode Pemecahan Masalah dengan Media Konkret. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa kemampuan pengukuran dapat ditingkatkan melalui Metode Pemecahan Masalah dengan Media Konkret pada anak Kelompok B TK Madhani. Hal ini sebagaimana peningkatan skor yang dialami oleh anak dimana siklus I ke siklus II rata-rata skor mengalami peningkatan poin 24,58. Pada Siklus I skor anak sebesar 17,58 Kategori MB dan Siklus II sebesar 27,52 kategori BSB. Peningkatan skor paling progresif yakni dari 31 ke 60 meningkat 29 poin

Referensi

Arsyad, Azhar. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Daryanto, (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. (2003). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka cipta.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marks, John L. Hiatt. Arthur A. and Evelyn M. Neufeld. (1988). Metode Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Erlangga.

Morrison, George S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.

Ruis. (2009). Intructional media. Jakarta: Ministry of naitonal Education.

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Walle, John A Van De. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah, Jakarta: Erlangga.

Wasik, Carol Seefeldt & Barbara A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Jakarta: Indeks.

Yamin, Martinis. (2009). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. (Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta).

Yus, Anita. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-29

Terbitan

Bagian

Articles