PERSPEKTIF ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KELURAHAN PUHUN PINTU KABUN KECAMATAN MANDADIANGIN KOTO SALAYAN KOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31316/jcc.v2i1.1665Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang penting dilaksanakan untuk membantu tumbuh dan kembang anak. Dimana anak akan dikembangkan aspek perkembangan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Banyak orang tua yang sudah beranggapan bahwa pendidikan anak usia dini penting dilaksanakan untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak namun masih ada beberapa orang tua yang beranggapan bahwa pendidikan anak usia dini tidak penting untuk anak. Perspektif ini lahir dari beberapa faktor yang terdapat pada orang tua yang menjadi latar belakang terhadap perspektif orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perspektif orang tua terhadap pendidikan anak usia dini, dan memberikan pengetahuan kepada orang tua bahwa pendidikan anak usia dini penting untuk dilaksanakan agar pertumbuhan dan perkembangan pada diri anak berkembang dengan baik dan anak mendapatkan stimulasi yang cukup sehingga perkembangan pada diri anak akan berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode wawancara terpusat dengan pendekatan kualitatif. Pada dasarnya perspektif setiap orang akan berbeda sehingga perlu dilaksanakan program parenting agar orang tua memahami dan mengerti bahwa pendididkan anak usia dini penting dilaksanakan kepada anak. Hasil yang didapatkan selama penelitian berlangsung adalah orang tua sudah menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini dan sudah memasukkan anak ke lembaga PAUD
References
Ananda, Rizki. (2020). “Program Pengembangan Desa Mitra untuk Meningkatkan Angka Partisipasi Anak Usia Dini pada Lembaga PAUDâ€. Jurnal Abdibas vol 1 no 1 tahun 2020 hal 12-15.
Andriani, T. (2012). “Permainan Traditional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Diniâ€. Jurnal Sosial Budaya, 9 (1), pp. 121-136.
Arifin, A. Fardana, N. A. (2014). “Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaranâ€. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3 (3),pp.188-198.Link: http: //journal.unair.ac.id/filterPDF/jpppaa5c340a9ef ull.pdf.
Aryanti, T. (2016). “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anakâ€. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), pp 50-58.
Aviani, Damalia. Latiana, Lita dan Mulawarman. (2020). “Dampak Gaya Pengasuhan Permisif terhadap Penggunaan Gadget pada Anakâ€. Prosidding Seminar Nasional Pasca Sarjana 2020 ISSN: 26066404
Falhatunnisa, Izma dan Santika, Tika. (2020). “Persepsi Keluarga tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pembentukan Karakterâ€. Journal of Community Education 1 (1) Maret 2020.
Irma, C. N. Nisa, K. dan Sururiyah, S. K. (2019). “Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejoâ€. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), pp. 214-224. Doi: 10.31004/obsesi.v3il.152.
Islamiyah. Awad, Faizah Binti dan Anhusadar, La Ode. (2020). “Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB) : Konseling Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Diniâ€. Zawiyah Jurnal Pemikiran Islam Vol 6 No 1 Juli 2020.
Maryatun, I. B. (2016). “ Peran Pendidik PAUD dalam Mebangun Karakter Anakâ€. Jurnal Pendidikan Anak. 5(1), pp 747-752. Doi: 10.21831/jpa.v5il.12370.
Nurhayati, Raden. (2020). “Pendidikan Anak Usia Dini menurut Undang-Undang no 20 Tahun 2003 dan Sistem Pendidikan Islamâ€. Journal For Islamic Studies 3(2) Juli 2020.
Pratiwi, D. S., Widiastuti, A. A. dan Raharjo, M. M. (2018). “Perspektif Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkungan RW01 Dukuh Krajan Kota Salatigaâ€. Jurnal Satya Widya, 34(1), pp 39-49.
Rijali, A. (2019). “Analisis Data Kualitatifâ€. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33), p. 81. Doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Suryana, Dadan. (2018). “Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anakâ€. Jakarta : Pranamedia Group.
Suwendra, I. Wayan. (2018) “Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaanâ€. Bali : Nila Cakra Publishing House.
Syifuzakia. Ariyanto, bambang. Dan Aslina, Yeni. (2021). “Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Diniâ€. Malang : Literasi Nusantara.
Walidin, W., Saifullah dan Tabrani. (2015) “Metodology Penelitian Kualitatif dan Grounded Theoryâ€. Aceh : FTK Ar-Raniry Press (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry).
Wardhana, Ivan Prapanca dan Agung, Leo. (2020). “Konsep Pendidikan Taman Siswa Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar di Indonesiaâ€. Prosidding seminar nasional “Implementasi merdeka belajar berdasarkan ajaran taman siswaâ€
Widodo, Hery. (2019). “Dinamika Pendidikan Anak Usi diniâ€. Jawa Tengah: Alprin