TEKNIK KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL PADA REMAJA

Authors

  • Iffa Abdillah Berlian Universitas PGRI Sumatra Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i02.7427

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki tingkah laku salah suai atau Maladjusment dalam aktifitas sehari-harinya. Perilaku tersebut diantaranya peserta didik tidak mau ditegur orang lain, bergantung pada orang lain dan minder. Tujuan dari penelitian ini untuk:1) Mendeskripsikan prilaku maladjustment remaja dari konseling analisis transaksional dilihat dari tiga indikator. 2) menguji media biblio edukasi yang dapat diterima secara teoritis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D), Langkah-langkah dalam penelitian ini peneliti membatasi 5 langkah pengembangan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain (di validasikan oleh 3 dosen penguji), (5) revisi desain. Populasi penelitian ini peserta didik di SMA Negeri 1 Lintau Buo berjumlah 657 peserta didik dengan sampel pada penelitian sebanyak 81 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive simple random sampling. Data Penelitian diproleh melalui angket dan diolah dengan teknik skor interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Maladjusment remaja berbasis konseling analisis transaksional secara keseluruhan  berada pada kategori  sangat banyak dengan presentase 64,20% (2) Berdasarkan hasil uji validasi dari 3 orang dosen dengan hasil rata rata 3,35 maka media biblio berbasis identifikasi maladjustment konseling analisis transaksional pada kelas X dan XI di SMAN 1 Lintau Buoyang telah dikembangkan  layak digunakan.

Kata kunci: Konseling Analisi Transaksional, Maladjustment

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Berlian, I. A. (2024). TEKNIK KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL PADA REMAJA . Educational of Indonesian Journal , 1(02), 43–52. https://doi.org/10.31316/edunesiajournal.v1i02.7427

Citation Check