Editorial Policies

Focus and Scope

Secara khusus Jurnal PGSD Indonesia menerbitkan karya tulis ilmiah dari hasil penelitian dan studi literatur pada pendidikan dasar. Mulai dari pengajaran pendidikan dasar (ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, matematika, bahasa indonesia, kewarganegaraan, agama, pendidikan jasmani, dan seni, kurikulum pendidikan dasar, manajemen pendidikan dasar, bimbingan dan konseling pendidikan dasar, psikologi pendidikan dasar serta pendidikan guru sekolah dasar, asessment pembelajaran, dll). Setiap teks yang dikirim akan ditinjau oleh mitra reviewer yang secara khusus diminta pada keahlian di bidangnya.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses review dilakukan untuk memastikan bahwa artikel yang masuk dan diterima hanya artikel yang sesuai dengan fokus dari jurnal dan merupakan artikel terbaik pada bidang pendidkan dasar. Proses ini dilakukan secara objektif pada inti penerbitan jurnal yang baik dan dilakukan oleh semua jurnal ilmiah terkemuka. Peninjau kami memainkan peran penting dalam mempertahankan standar konten dan fokus untuk semua teks. Artikel yang dimasukkan ditinjau mengikuti prosedur yang diuraikan di bawah ini. 

Evaluasi awal naskah dilakukan oleh Redaksi untuk mengevaluasi seluruh naskah yang layak. Naskah yang baik dan fokus akan diterima, dan yang masih kurang baik akan dikembalikan untuk perbaikan. Mereka yang memenuhi kriteria minimal biasanya diteruskan untuk diperiksa oleh minimal 2 reviewer.Waktu yang dibutuhkan untuk proses review tergantung dari respon reviewer. Selain mengomentari naskah artikel, reviewer juga memberikan saran kepada editor yang bertanggung jawab memberikan keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel tersebut.

 

Publication Frequency

DESEMBER & JULI

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.