Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, E-Service Quality, Online Consumer Reviews, dan Online Trust Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee
DOI:
https://doi.org/10.31316/akmenika.v18i2.2140Abstract
Pembelian online adalah suatu fenomena transaksi jual beli tanpa tatap muka seperti biasnya transaksi konvensional, sebagai peluang baru bagi pemasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, serta kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee. Penelitian ini dilaksanakan di Yogyakartasehingga populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Shopee yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel ini sebanyak 120 responden yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner secara tertutup yang dilengkapi dengan skala Likert lima rentangan yang diuji coba untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda disertai dengan analisis determinasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keyword: kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, kepercayaan, keputusan pembelian
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.Â
- That it is not under consideration for publication elsewhere.
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.