Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, E-Service Quality, Online Consumer Reviews, dan Online Trust Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee

Authors

  • Fitri Nurul Azmi
  • Arif Sudaryana

DOI:

https://doi.org/10.31316/akmenika.v18i2.2140

Abstract

Pembelian online adalah suatu fenomena transaksi jual beli tanpa tatap muka seperti biasnya transaksi konvensional,  sebagai peluang baru bagi pemasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, serta kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee. Penelitian ini dilaksanakan di Yogyakartasehingga populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh konsumen Shopee yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel ini sebanyak 120 responden yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner secara tertutup yang dilengkapi dengan skala Likert lima rentangan yang diuji coba untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda disertai dengan analisis determinasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keyword: kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, kepercayaan, keputusan pembelian

Downloads

Published

2021-12-29

Issue

Section

Articles