Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Lembar Kerja Siswa Muatan Pelajaran Ips Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar

Firosalia Kristin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPS berupa RPP dan LKS berbasis karakter pada siswa kelas 4 SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Instrument yang digunakan di validasi ahli dan praktisi kemudian hasil validasi di analisis dan dideskripsikan. Melalui hasil validasi diperoleh bahwa perangkat pembelajaran IPS berupa RPP memperoleh skor rata-rata 83,61 dan berada pada kategori baik. Sedangkan untuk LKS memperoleh skor 84,52 berada pada kategori baik. Dengan demikian RPP dan LKS tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan mengintegrasikan Pendidikan karakter di dalamnya.

 

The purposes of this research were to produce social studies learning equipment in the form of lesson plans and students' worksheets based on the character for grade 4 of elementary school. This research type is development research. The research instruments used by the researcher were validated by experts and practitioners, then the results of the validation were analyzed and described. The result was shown that social studies learning equipment in the form of lesson plans obtained an average score of 83.61 and was in a good category. Meanwhile, students' worksheets obtaining a score of 84.52 was a good category. Thus, the lesson plans and students' worksheets were suitable for the learning process by integrating character building in them.


Keywords


Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Karakter, RPP, LKS

Full Text:

PDF

References


Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79-92.

Suwartini, S. (2018). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Soft Skill Pada Siswa SD Kelas II. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 7(2), 102-106.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model” Keterampilan abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Irwansyah, M., & Ariyansyah, A. (2019). Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Sikap Dan Pengetahuan Siswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 94-102.

Arikunto, S, & Jabar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Terotis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutarti, T, & Irawan, Edi. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan, Ed.1, Cet. 1—Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1038

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Firosalia Kristin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia