PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS IV DI SD N BUGANGAN 03 SEMARANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis SMP. Jurnal Didaktik Matematika. 2(1): 54
Atmojo, S. E., & Kurniawati, W. (2018). Pengembangan Buku Ajar Tematik Bervisi Sets Untuk Menanamkan Konsep Sustainable And Renewable Energy Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Burais, L.,M Ikhsan.,dan M Duskri. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika. 3(1): 77.
Farida dan Suyadinata. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Berbasis Open Ended. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 5(2):151
Herdiman, Indri. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa SMA. JES-MAT. 3(2): 203-204.
Indah, Yurri Puspita. 2016. “Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa SD Pada Materi Pengukuran Panjang”. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Sumedang.
Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2015). Pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri terintegrasi kelompok mata pelajaran perekat bangsa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir dan karakter ilmiah siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 2(1).
Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 48-59.
Lestari, dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya. 10(1): 94
Mustadi, A., & Atmojo, S. E. (2020). Student’s disaster literation in ‘SETS’(science environment technology and society) disaster learning. Elementary Education Online, 19(2), 667-678.
Mustikasari, dkk. 2010. Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1): 47.
Pamungkas, Subhan dan Yuyu Yuhana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematik. 9(2):178.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Purnomo, Djoko. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berpikir. Jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1): 1.
Ridha, Rasyid. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis dengan Laps-Heuristics dan Pendekatan Open Ended. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1): 94.
Rosita, Cita Dewi. 2014. Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Jurnal Euclid. 1(1): 34.
Ruslan dan Santoso. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. JURNAL KREANO. 4(2): 140-148.
Setianingsih, Eka Sari, dkk. 2017.Perkembangan Peserta Didik. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Shadiq, F. (2004). “Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi”. Diklat instruktur/Pengembangan Matematika SMA di Yogyakarta.
Soeyono, Yandri. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2): 208.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumartini. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1): 2-4.
Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v1i1.1113
Article Metrics
Abstract view : 76 timesPDF - 41 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Happy Prawitasari Nourmaningtyas, Joko Sulianto, Aries Tika Damayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es
EDITORIAL ADDRESS:
Department of Primary School Teacher Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas PGRI Yogyakarta
Telp./Fax.: (0274) 376808
Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia