PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR INDONESIA DEN HAAG

Eva Luthfi Fakhru Ahsani, Nur Wulan Romadhoni, Eva Liftia Layyiatussyifa, Wahyu Noor Anggita Ningsih, Pita Lusiana, Nela Nur Roichanah

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis penerapan literasi digital dalam pembelajaran yang ada di Sekolah dasar Indonesia Den Haag (SIDH). Penelitian ini termasuk jenis Deskriptif Kualitatif, Dan Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara serta dokumentasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya: penggunaan literasi digital pada pembelajaran sebagai bentuk akses informasi dalam memudahkan siswa untuk memenuhi kebutuhan dan rasa ingin tahu. Literasi digital kini lebih ditekankan pada pendidikan jarak jauh (PJJ) karena banyak siswa yang berdomisili jauh dari Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH), terlebih pada era pandemi Covid-19 ini. Adapun tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan kurikulum yaitu terkendala dengan aturan pendidikan Den Haag dan tetap menanamkan nilai-nilai nasionalisme serta menanamkan bagian diplomasi budaya Indonesia. Peneliti melihat sebaiknya pembelajaran dengan literasi digital di sekolah Deen Haag tidak hanya untuk siswa saja, tetapi orang tua juga harus dituntun untuk mengetahui digital, agar tidak kesulitan membantu anak belajar.


Keywords


Penguatan Literasi Digital, Sekolah Indonesia Den Haag, mengembangkan kurikulum

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Farid dan Hamidulloh, 2018 Media Literasi Sekolah, (Semarang: CV. Pilar Nusantara). Diunduh 25 November 2020 dari

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=8QmjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=farid+ahmadi+dan+hamidulloh+media+literasi+sekolah&ots=NqsQCh2lrN&sig=me28AXum26moFrwL_w_Ete9rGlM

Ahmadi, Farid. 2017. Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Semarang: CV. Pilar Nusantara. Diunduh 25 November 2020 dari

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=LBWiDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA70&dq=farid+ahmadi+guru+sd+di+era+digital&ots=FcFou3GDKT&sig=BiL16EY-gRbvcVwEeFUjloCsc5s

Ahsani, Eva Luthfi Fakhru, 2020 2020Strategi Orang Tua dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. JurnalAl_Athfal, Volume 3 No. 1, Juni. Diunduh 4 November 2020 dari

https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/180/105

Ahsani, Eva Luthfi Fakhru dan Siti Eni Mulyani, 2020. The Implementation of Distance Learning Based E-Learning for Developing Student’s Life Skills. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Volume 3 No. diunduh 2 Desember 2020 dari

https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/34805

Belmawa Ristek Dikti Dirjen, 2018. “Era Revolusi Industri 4.0: Perlu Persiapkan Literasi Data, Teknologi dan Sumber Daya Manusia,” Berita, (17 Januari),. Diunduh November 2020 dari

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=belmawa+ristek+dikti+dirgen+era+revolisi+industri+4.0&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dn_5TuZWLzhIJ

Fatmawati, Nur Ika 2019. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial”, Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, Vol.11. Diunduh Desember 2020 dari

http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1602

Fitriah, Dhia dan Meggie Ullyah Mirianda, 2019. Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi,” Universitas PGRI Palembang”.

Ginanjar Asep, Noviani Achmad Putri, Aisyah Nur Sayidatun Nisa, Fredy Hermanto, Adila Bunga Mewangi, 2019. “Implementasi Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran IPS di SMP AL-Azhar 29 Semarang”, Jurnal UNNES Harmony, Volume 4 No.2. diunduh November 2020 dari

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/36136

Hamidulloh, Ibda. 2018 “Ibu, Agen Literasi Humanisme dalam Keluarga,” Suara Kita. Dunduh 25 Desember 2020 dari

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ibda+hamidulloh+ibu%2C+agen+literasi+humanisme+dalam+keluarga&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DVnkmMO71EwcJ

Hamjah Harahap Mukti, dkk. 2017. Jurnal Pengembangan Program Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Medan, Jurnal Pembangunan Perkotaan, Vol. 5, No. Diunduh 7 Desember 2020 dari

http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP/article/view/18

Iswan dan Herwina, 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR. 4.0,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0,” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018. Diunduh 7 Desember 2020 dari

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2756

Lismina, 2017. Pengembangan Kurikulum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Diunduh 7 Desember 2020 dari

http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/contemplate/article/view/9

Maksum Agus, 2020. Keefektifan Penerapan Kurikulum Terpadu Pada Pondok Pesantren. Cirebon : CV. Syntax Corporation Indonesia. Diunduh Desember 2020 dari

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=qUPpDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=agus+maksum++kefektifan+penerapan+kurikulum+terpadu+pada+pondok+pesantren&ots=L-zvHw3wXt&sig=gs2pqj93ym9gSxj6tuHHfSAYBnA

Rizka Aisyi Indi dkk, 2020. Gerakan Literasi sekolah: Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus di SD Ghufron Fiqih Surabaya), Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Volume XI, No. diunduh November 2020 dari

https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/454

Sarinah. 2015. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta : Deepublish.

Setyaningsih Rila, Abdullah, Edy Prihantoro, Hustinawaty, 2019 “Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning”. Jurnal ASPIKOM Vol. 3 No.6 Diunduh November 2020 dari

http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/194

Sudin, Ali. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS. Diunduh 11 Desember dari

https://www.academia.edu/download/53869167/discovery_2012.pdf

Sugiarti dan Eggy Fajar Andalas, 2020. Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru Dalam Dunia Pendidikan, ( Malang: UMM Press,). Diunduh 11 Desember 2020 dari

http://eprints.umm.ac.id/69566/

Wihadanto, Ake, 2017 . “Entrepreneurial Leadership di Era Revolusi lndustri 4.0,” Teks Orasi Ilmiah, Upacara Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2017/2018. Diunduh 15 Desember 2020 dari

http://www.academia.edu/download/58526760/1._JRTIE_H_Ibda.pdf

Wijayanti dan Dian Marta, 2017. Guru Zaman Now (Guruku, Sahabatku), Semarang : Formaci. Diunduh 9 Desember 2020 dari

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=6SvdDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA100&dq=wijayanti+dan+dian+marta+guru+zaman+now&ots=M1T86_bL5H&sig=BHK_vVg39w-4NXD2jYbwtnorbzA

Zaini Addasuqy Muhtarom, dan Muhammad Shobirin. Pengembangan Kurikulum. Kudus : Center For Education and Social Studies. Diunduh 5 November 2020.




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pita Lusiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia