Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD

Murniyati Murniyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran CTL. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Selomarto semester I tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian ini yaitu angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi pra siklus hanya 13% siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga dilakukan upaya peningkatan motivasi belajar pada siklus I menggunakan metode pembelajaran CTL. Hasil tindakan siklus I menunjukkan bahwa baru 74% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sehingga masih perlu diberi tindakan pada siklus II. Sementara pada siklus II sudah 100% siswa yang menunjukkan motivasi belajar yang tinggi. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, CTL, Motivasi, Belajar

Keywords


Metode Pembelajaran, CTL, Motivasi, Belajar

Full Text:

PDF

References


Angganing, P. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN II Tameng Giriwoyo. Elementary School, 3(1), 227–232. http://www.elsevier.com/locate/scp

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Ginting, M. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 060948 Medan Labuhan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4157

Irmalia, A. S. (2001). Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa, 1, 100–109.

Khoirudin, M. (2019). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai Juang Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas Vi SDN I Guwotirto Tahun Pelajaran 2013/2014. Elementary School, 6(2), 190–195.

Lestari, A. A., Muhajir, & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Tema 5 Kelas V SDN Jatingaleh 01 Semarang. Elementary School, 6(2), 139–144.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Musyafa, M., Warsali, W., Milah, C. S., Aliyudin, A., Supianti, I. I., & Amam, A. (2020). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 69. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3263

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Sabil, H. (2011). Penerapan pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNJA. Edumatica, 01(01), 44–56.

Sari, R. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik, II(1), 26–32.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764

Sihono, T. (2004). Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(1), 63–64.

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1).

Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi : Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Tutut Rahmawati. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Urnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(April), 12–20.

Ulva, Nur Laila, K. S. W. (2015). Penenrapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1, 365–376.

Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan implementasinya dalam rencana pembelajaran. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/belajea

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Murniyati Murniyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia