PEMBIMBINGAN PESERTA DIDIK KELAS AWAL YANG MENGALAMI HAMBATAN DALAM MEMBACA PERMULAAN

Rahmadini Rahmadini, Zulela M S, Mohamad Syarif Sumantri, Vina Iasha

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah secara komprehensif tentang: (1) menentukan metode yang tepat digunakan untuk anak yang mengalami hambatan dalam membaca permulaan, (2) dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat bagi siswa dalam pembelajaran membaca permulaan, (3) melakukan pembimbingan bagi peserta didik yang memiliki hambatan dalam membaca permulaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Upaya guru dalam mengatasi siswa yang mengalami hambatan dalam membaca permulaan dapat diatasi dengan metode alfabetik karena metode tersebut lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh siswa.

Kata Kunci: Metode alfabetik, Membaca Permulaan

 

Abstract

The purpose of this study is to examine in detail about: (1) determining the appropriate method used for children who improve barriers to beginning reading, (2) can learn the factors that are inhibiting for students in learning to begin reading, (3) provide guidance for students who have challenges in reading the beginning. The study used in this research is qualitative with the case study method. Data collection techniques used by means of observation, interviews, and study documentation. Teacher's efforts in overcoming students who overcome reading difficulties can be accessed by the alphabetical method because this method is more easily understood and learned by students.

Kata Kunci: The Alphabetical Method, Beginning Reading


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. G. Y. M. S. S. V. I. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language Di Sekolah Dasar. Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1992). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Fahrurrozi. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurna Ilmiah PGSD, 10(2 Oktober).

Farida Rahim. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal: Aksara Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24.

Iasha, V. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. 2(1).

Lisnawati dan Muthmainah. (2018). Efektivitas Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca bagi Anak Lambat Belajar di SDN Demangan. Jurnal Psikologi Integratif. 6(1), 86–100.

Partijem. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flannel Pintar Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1).

PP No. 19. (2005). Undang-Undang terbaru tentang peserta didik Pasal 1.

Rahmawati. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal SAP, 1(3 April).

Rizkiana. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 34.

Septi Andriani. (2015). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Metode Eja Bagi Siswa Berkesulitan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Quraniah VIII Palembang. 1(Januari).

Yulianti Siantayani. (2011). Persiapan Membaca Bagi Balita Panduan Guru dan Orangtua dalam Mempersiapkan Balita Membaca. Yogyakarta: Kriztea.




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.708

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahmadini Rahmadini, Zulela M S, Mohamad Syarif Sumantri, Vina Iasha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia