STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING

Arum Setiowati, Siti Irene Astuti Dwiningrum

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi perilaku bullying pada siswa di sekolah dasar. Perilaku bullying adalah  perilaku agresif yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan, perilaku diulang-ulang, atau memiliki potensi diulang. Metode yang digunakan adalah literature review penelusuran sumber-sumber pustaka yang relevan. Strategi layanan bimbingan dan konseling disekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying adalah layanan dasar, layanan responsif, dan layanan kolaborasi.

   Kata kunci : Bullying, Layanan bimbingan dan konseling, sekolah dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.750

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arum Setiowati, Siti Irene Astuti Dwiningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia