IMPLEMENTASI SEKOLAH SIAGA BENCANA PADA SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Miftachul Qoriandani, Dholina Inang Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program SSB pada SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul berdasarkan parameter kesiapsiagaan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SSB SDUA berjalan sesuai dengan parameter kesiapsiagaan. Pada aspek sikap dan tindakan, terdapat pengetahuan mengenai PRB, pelaksanaan simulasi bencana, sosialisasi berkelanjutan, dan memiliki keterampilan tanggap darurat. Aspek kebijakan sekolah mendukung PRB, tersedianya akses informasi, pengetahuan dan pelatihan. Aspek perencanaan kesiapsiagaan, dibuktikan dengan adanya dokumen penilaian SSB, rencana aksi sebelum, saat dan sesudah bencana, PROTAP, sistem peringatan bencana, dan lokasi evakuasi. Aspek mobilisasi sumber daya dibuktikan dengan adanya gugus siaga bencana sekolah, pemantauan dan evaluasi yang diadakan pihak sekolah, tersedianya perlengkapan, suplai, dan kebutuhan dasar pasca bencana. Faktor pendukung program SSB SDUA yaitu SDM yang berkualitas dan instansi terkait, sedangkan faktor penghambat terkait lahan sekolah yang kurang luas dan perlengkapan kebutuhan belum memenuhi seluruh warga sekolah.
Kata kunci: pengurangan risiko bencana, program SSB, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Baskara, G. I. (2016). Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana (SSB) pada SMK Nasional Berbah Sleman. UNY. Skripsi

Konsorsium Pendidikan Bencana. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta.

Pambudi, D.I. (2018). Pengembangan Multimedia ‘Gejala Alam di Indonesia’ Berbasis Lectora bagi Siswa Sekolah. 15(1), 50-56.

Perwira, A. S. Dan Y. (2015) Efektivitas program Sekolah Siaga Bencana sebagai strategi BPBD DIY dalam pengurangan risiko bencana di Kota Yogyakarta. Efektifitas Program Sekolah, 1-9.

Pribadi, K. S. A. K. Y. (2009). Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus pada SDN Ciateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung). Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprawoto. (2008). Manajemen Bencana. Jakarta: Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.753

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Miftachul Qoriandani, Dholina Inang Pambudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia