META ANALISIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Raras Rakasiwi, Indri Anugraheni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian adalah meta-analisis. Penelitian dimulai dengan merumuskan masalah penelitian, kemudian menguji hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri artikel dan jurnal elektronik dengan menggunakan Google Scholar. Hasil pencarian menunjukkan bahwa ada beberapa artikel dan jurnal elektronik tetapi hanya 18 artikel yang relevan, jurnal elektronik, dan esai. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari yang terendah 9,98 %  sampai yang tertinggi 53,85% dengan rata-rata sebesar 28,78%

Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Meta-Analisis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.755

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Raras Rakasiwi, Indri Anugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia