KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA

Henry Aditia Rigianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala pembelajaran daring di Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian angket secara daring. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami guru selama pembelajaran daring yaitu aplikasi pembelajaran, jaringan internet dan gawai, pengelolaan pembelajaran, penilaian, dan pengawasan.


Full Text:

PDF

References


Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga. 2020. Surat Edaran No. 420/1227/Dikpora/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus

Disease (Covid-19) Satuan Pendidikan di Kabupaten Banjarnegara.

Imania, Kuntum An Nisa. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen

Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK. Vol 5, 31-47.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O'Neil, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., . . . Aghad, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19) . International Journal of Surgery




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Article Metrics

Abstract view : 4038 times
PDF - 2628 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Henry Aditia Rigianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia