GAMBARAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF PADA SISWA KELAS I SD NEGERI II DEMAK IJO

Gita Indriana Lestari, Izzatin Kamala

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku, faktor yang mempengaruhi, dan upaya guru dalam menghadapi anak hiperaktif  kelas 1 SD Negeri II Demak Ijo.   Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif kualitatif yang dilakukkan di SD Negeri II Demak Ijo pada 1  Maret 2020. Dengan subjek Guru dan Siswa Kelas I Guru SD Negeri II Demak Ijo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil wawancara dan observasi yaitu SD Negeri II Demak Ijo merupakan sekolah inklusi, di sekolah tersebut terdapat satu anak hiperaktif dan Guru mengupayakan pembelajaran dengan memberikan perhatian yang berbeda dengan siswa lain.  Perilaku seorang anak hiperaktif Siswa Kelas I SD Negeri II Demak Ijo antara lain: selalu menganggu teman lain, tidak mau diatur,  cenderung egois, sering meninggalkan tempat duduk saat kegiatan pembelajaran, mengerjakan tugas di sekolah sesuai dengan kemaunnya, sering malas, dan manja.  Perilaku tersebut disebabkan karena faktor keluarga. Faktor tersebut dapat diatasi dengan memberikan teguran dan sanksi kepada anak, orang tua memberikan pendampingan, dan guru memberi perlakuan yang berbeda dengan siswa  pada umumnya.

 

Kata Kunci: Hiperaktif, Perilaku Anak Hiperaktif, Dan Upaya Menghadapi Anak Hiperaktif

 

Abstract

               This study aims to explain the behavior, the factors that influence, and the efforts of teachers in dealing with hyperactive children in grade 1 of SD Negeri II Demak Ijo. This research is a qualitative descriptive study conducted at SD Negeri II Demak Ijo on March 1, 2020. With the subject of Teachers and Class I Teachers of SD Negeri II Demak Ijo. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results of interviews and observations, namely Demak Ijo Elementary School II is an inclusive school, there is one hyperactive child in the school and the teacher is trying to learn by giving different attention to other students. The behavior of a hyperactive child Class I Elementary School II Demak Ijo students: interrupts other friends, does not want to be regulated, tends to be selfish, often leaves the seat during learning activities, does assignments at school according to his skills, is often lazy, and spoiled. The behavior is caused by family factors. These factors can be overcome by giving reprimands and sanctions to children, parents provide assistance, and teachers give different treatment from students in general. Keywords: Hyperactivity, Hyperactive Children's Behavior, and Efforts to Deal with Hyperactive Children

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Antasari. (2006). Meyikapi Perilaku Agresif Anak . Yogyakarta: Kanisius.

Azmira, V. (2006). Meyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Effendi, M. (2006). Pengantar Anak Psikopedagogig Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Erinta, D., & Budiani, M. S. (2012). Efektivitas Penerapan Terapi Permainan Sosialisasi untuk Menurunkan Perilaku Implusif pada Anak dengan Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). 3(1). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id

Esalini, I. A. P., & Lesmana, C. B. (2016). Tingkat Kemandirian Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder dengan Terapi Perilaku di Yayasan Mentari Fajar Jimbaran Bandung. E-Jurnal Medika, 8(5). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id

Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawati, W. (2017). Pemerolehan Bahasa pada Anak Hiperaktif yang Sulit. 15(2).

Priyatna, A. (2012). Not a Little Monster! Memahami, Mengasuh, dan Mendidik Anak Hiperaktif . Jakarta: PT. Elex Media Komputido.

Punaji, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta : Kencana.

Rahayu, P. P. (2016). Analisis Tentang Anak Hiperaktif dan Upaya Mengatasinya pada Siswa Kelas III SD Negeri Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Universitas Surakarta. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7872

Rusmawati, D. (2011). Pengaruh Terapi Musik dan Gerak Terhadap Perilaku Anak ADHD. Jurnal Psikologis Universitas Diponegoro, 9.(1). Retrieved from eprints.undip.ac.id

Saputra, A. (2016). Kebijakan Pemerintah, Golden Age. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3). Retrieved from ejournal.uin-suka.ac.id

Surya, B. N., & Wimbarti, S. (2019). Program Intervensi Musik Terhadap Hiperaktivitas Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Gadjah Mada Journal off Profesional Psychology (GAMAJPP), 5, 15-25. doi:10.22146/GAMAJPP.48584

Tentama, F. (2009). Peran Orang Tua dan Guru dalam Menangani Perilaku Hiperaktif pada Anak ADHD di SLB Negeri 3 Yogyaarta. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 3(1) 51-57 Retrieved from eprints.uad.ac.id

Zaviera, F. (2007). Anak Hiperaktif Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi . Yogyakarta: Katabahari.




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.771

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gita Indriana Lestari, Izzatin Kamala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia