PENGEMBANGAN NEMO GABU GAMA SEBAGAI ALAT PERAGA GERHANA BULAN DAN MATAHARI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Azizah Thalib, Rubiyanto Rubiyanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan alat peraga KIT IPBA pada pembelajaran IPA materi tata surya di SD. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Nemo Gabu Gama sebagai alat peraga gerhana bulan dan matahari untuk siswa SD dan menguji kevalidan dan kepraktisan Nemo Gabu Gama sebagai alat peraga gerhana bulan dan matahari untuk siswa SD. Metode penelitian yaitu  penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Subjek uji coba adalah  siswa kelas VI SDN Kalirejo 2 Kecamatan Ungaran Timur. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respons siswa dan guru. Hasil penelitian ini adalah alat peraga Nemo Gabu Gama pada materi tata surya kelas IV & VI. Proses pengembangan alat peraga menggunakan ardoino micro control dengan software ardoino 1.0.5. Alat peraga Nemo Gabu Gama yang dikembangkan mendapat kriteria “sangat valid” dan “sangat praktis”. Tingkat kevalidan alat peraga dapat diketahui dari hasil penilaian validasi media sebanyak 81,3% dengan kriteria “sangat valid”, sedangkan hasil penilaian validasi materi sebanyak 90,7% dengan kriteria “sangat valid”. Tingkat kepraktisan alat peraga dari penilaian respon siswa memperoleh nilai sebanyak 92% dengan kriteria “sangat praktis”, sedangkan hasil penilaian respon guru memperoleh nilai sebanyak 92% dengan kriteria “sangat praktis”.

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah.

Prasetyarini, A. (2013). Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Smp Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 2(1), 7–10. Https://Doi.Org/10.37729/Radiasi.V2i1.346

Rajabi, M., Ekohariadi, & Buditjatjanto, I. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Wijayanti, H. A., & Hakim, F. N. (2012). Media Pembelajaran Interaktiv Aksara Jawa Berbasis Flash. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 21–29.




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.773

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Azizah Thalib, Rubiyanto Rubiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia