KEEFEKTIFAN BUKU DONGENG “NEGERI HASTINAPURA” DALAM MENINGKATKAN NILAI CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR YOGYAKARTA

Mahilda Dea Komalasari, Nina Widyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai cinta tanah airsiswa dengan   menggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura” dan tanpamenggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura”.Selainitu,penelitianinijugabertujuanuntukmengujikeefektifan   penggunaan buku dongeng “Negeri Hastinapura” dalampembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Karanganyar Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode penelitian yangdigunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental)dengandesainnonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karanganyar Yogyakarta dan siswa kelas IV SDN Prawirotaman.Penentuan sampel menggunakanteknikrandom sampling.Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas IV SDN Karanganyar sebagai kelas eksperimen yangterdiridari13siswadankelas  IV SDN Prawirotaman sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 12 siswa.Teknik  pengumpulandata menggunakan angket. Validitas yang digunakan adalah validitas  konstruk (expertjudgement). Analisisdata diadakansetelahmelakukanujinormalitasdan   ujihomogenitasyangmenunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitianini  menunjukkanadanyaperbedaan nilai cita tanah airsiswa yang menggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura” dan nilai cinta tanah air siswa tanpamenggunakan buku dongeng “Negeri Hastinapura”. Perbedaantersebutditunjukkandengan hasilUji-tyangdilakukan  dengan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis nilai cinta tanah air menunjukkan bahwa skor uji-t adalah 5,350 dengan Sig. 0,000.Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam nilai cinta tanah air siswa antara sebelum dan sesudah belajar menggunakan model pendidikan antiradikalisme melalui buku cerita "Negeri Hastinapura".Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan buku cerita “Negeri Hastinapura” lebih efektif dibanding dengan pembelajaran tanpa menggunakan  buku cerita “Negeri Hastinapura”.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2012a). Panduan Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2012b). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tofani, M., A. (2013).Mengenal Wayang Kulit Purwa. Pustaka Agung Harapan. Surabaya.

Yuliatin, L. (2013). Upaya Penanaman Rasa Cinta Tanah Air pada Para Santri di Pesantren Majma Al Bahrain Shiddiqiyyah Kabupaten Jombang.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 1, hal 1-15.




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.779

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mahilda Dea Komalasari, Nina Widyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia