NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA LAKON CERITA WAYANG SUMANTRI NGENGER OLEH KI MANTEB SOEDHARSONO UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Exwan Andriyan Verrysaputro, Bunga Candra Nur Arini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita wayang Sumantri Ngenger oleh dalang Ki Manteb Soedharsono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sebagai alat pengumpul data dari sumber yang diteliti, peneliti menggunakan kartu data. Data dikumpulkan dengan teknik simak dan catat. Data dalam penelitian ini diperoleh dari video rekaman wayang Sumantri Ngenger oleh dalang Ki Manteb Soedharsono.

Hasil yang dilakukan dengan cara pendeskripsian ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter arakter pada cerita wayang Sumantri Ngenger. Nilai pendidikan karakter berasal dari kalimat yang ada pada setiap pocapan yang disampaikan oleh tokoh wayang. Berdasarkan cerita yang sudah dianalisis, nilai pendidikan karakter yang ditemukan berjumlah 115 nilai pendidikan karakter. Dengan nilai pendidikan karakter yang sering muncul adalah bersahabat sejumlah 28 temuan. Nilai pendidikan karakter yang sama sekali tidak muncul adalah gemar membaca. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita wayang tersebut dapat digunakan sebagai materi sekolah dasar kelas rendah. Hal ini dikarenakan dalam cerita tersebut terdapat nilai pendidikan karakter yang dapat dicontoh oleh siswa sekolah dasar kelas rendah.


Keywords


Pendidikan Karakter, Wayang, Sumantri Ngenger

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.780

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Exwan Andriyan Verrysaputro, Bunga Candra Nur Arini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia