PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATTICE DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SDN SUKASARI

Dede Suyanti, Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode lattice dalam menyelesaikan operasi perkalian terhadap prestasi belajar matematika di kelas III SDN Sukasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SDN Sukasari yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan teknik sampling sistematis yang menghasilkan 16 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode lattice dalam menyelesaiakan operasi perkalian terhadap prestasi belajar siswa di kelas III SDN Sukasari. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 89,38 dan kelas kontrol 72,27. Dalam uji hipotesis dilakukan dengan Independent Sample T-Test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan metode lattice dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode lattice (metode konvensional). Kata kunci: Metode Lattice, Operasi Perkalian, Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Fatmala, dkk. 2018. Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Operasi Perkalian. Media Pendidikan Matematika, 6 (2).

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Khumairoh, Intan. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Latis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Islam Hidayatullah Pada Materi Operasi Perkalian Pecahan Desimal Mata Pelajaran Matematika. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Majid, Abdul. 2017.Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurohim. 2017. Penerapan Alat Peraga Integer Multiplication Board Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Bulat Kelas IV A SDN Kaliwlingi 02. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4 (7).

Siswanto. 2002. Mental Aritmatika Sempoa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Solikin & Dyah. 2019. Penggunaan Metode Lattice dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2 (1).




DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.783

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dede Suyanti, Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia