PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI

Sukadari Sukadari

Abstract


Pendidikan inklusi adalah pendidikan atau sekolah yang menerima semua anak tanpa memandang potensi, kondisi fisik, mental, emosisosial, agama, gender maupun latar belakang ekonomi, tetapi merupakan sebuah sistim yang beradaptasi dengan kebutuhan anak baik yang normal maupun yang berkebutuhan khusus

Tujuan dari pendidikan inklusi adalah untuk mendorong terwujudnya partisipasi difabel atau Anak Berkebutuhan Khusus dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kendala atau hambatan dalam pelaksanaan pendidikan inklusi tentu pasti ada. Namun untuk mewujudkan Undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 tetap diupayakan seoptimal mungkin pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui pendidikan inklusi harus dilaksanakan dengan baik untuk mengangkat derajat dan martabat umat manusia tanpa kecuali


Keywords


Anak berkebutuhan khusus, Pendidikan, Inklusi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.829

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sukadari Sukadari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Creative Commons License
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es 


EDITORIAL ADDRESS:

Department of Primary School Teacher Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas PGRI Yogyakarta

Telp./Fax.: (0274) 376808

Jl PGRI I No 117, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia