Kendala Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Anak Autis: Studi Kasus MIM PK Kartasura
DOI:
https://doi.org/10.31316/ijst.v2i2.5231Abstract
Dewasa ini Indonesia mencanangkan pendidikan inklusi guna memfasilitasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, dalam mengelola pembelajaran anak berkebutuhan khusus mengalami beberapa kendala bagi guru pendamping khusus maupun guru kelas yang terdapat anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pendamping khusus dan guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran anak autisme di Mim PK Kartasura. Subjek penelitian ini adalah guru pendamping khusus yang menangani anak autis dan guru kelas yang mendapati peserta didik anak dengan gangguan autis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan model pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Hasil menunjukan bahwa kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pembelajaran di Mim PK Kartasura adalah pada emosi anak autis yang tidak stabil sehingga hal ini perlu adanya pemahaman dari guru pendamping khusus bagaimana agar menenangkan anak tersebut karena anak autism cenderung focus dengan dunianya sendiri, pada pembelajaran dikelas tidak ada kendala jika saling memahami peran masing-masing antara guru pendamping khusus dan guru kelas dan terkoordinasi dengan baik.