TINGKAT KESIAPAN MENTAL ATLET RUGBY 7’s JAWA TENGAH DALAM PERSIAPAN PORPROV

Authors

  • Alif Khorouman Abidin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurhidayat Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhad Fatoni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/ijst.v2i2.5582

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan mental atlet rugby 7’s Jawa Tengah dalam persiapan PORPROV dinilai menurut persepsi atlet. Sampel pada penelitian ini adalah Atlet rugby yang ada di daerah-daerah se-Jawa Tengah total sebanyak 150 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada Atlet Bola Tangan Kota Surabaya melalui media google form yang kemudian diolah dengan metode deskriptif kualitatif.

Perbedaan Kesiapan Mental atlet Rugby 7’s Jawa Tengah dalam persiapan PORPROV berdasarkan Tiap daerah berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kesiapan mental atlet rugby 7’s Jawa Tengah dalam persiapan PORPROV berdasarkan tiap daerah dimana atlet grobongan meliki tingkat kesipan mental yang lebih dari pada daerah lain yang ada di jawa tengah Atlet grobongan diperkirakan memiliki reaksi emosional yang tinggi dalam bertanding. bahwa kondisi mental sangatlah penting dan perlu disiapkan sebaik-baiknya, bahkan tidak menutup kemungkinan juga menjadi faktor penentu dalam pertandingan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi seorang atlet rugby untuk memiliki persiapan mental yang baik sehingga dapat mengatasi gangguan seperti kecemasan yang dapat memengaruhi performa dalam pertandingan.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasilan alisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut, Terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kesiapan mental atlet rugby 7’s Jawa Tengah berdasarkan tiap daerah . tingkat kesiapan mental atlet rugby 7’s jawa tengah daerah Grobogan dan Pati lebih baik daripada daerah lainnya.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Alif Khorouman Abidin, Nurhidayat Nurhidayat, & Muhad Fatoni. (2023). TINGKAT KESIAPAN MENTAL ATLET RUGBY 7’s JAWA TENGAH DALAM PERSIAPAN PORPROV. Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST), 2(2), 124–131. https://doi.org/10.31316/ijst.v2i2.5582