ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSING DITINJAU DARI KARAKTERISTIK USIA (STUDI KASUS PADA PEMAIN BOLA VOLI PADEPOKAN NGAWI JUNIOR)

Authors

  • Prakosa Gempur Pamungkas universitas muhammadiyah surakarta
  • Eko Sudarmanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurhidayat Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Subekti Nur Subekti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • hadiono hadiono Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/ijst.v3i1.6017

Keywords:

Volley ; Passing Atas ; Kategorisasi Kemampuan Passing Atas

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat Kemampuan Teknik Dasar Passing Atas ditinjau dari Karakteristik Usia 11-13 tahun pada Padepokan Bola Voli Junior Ngawi yang dikelompokkan pada beberapa Kategorisasi diantaranya Kategori Sangat Baik, Kategori Baik, Kategori Cukup, Kategori Kurang, dan Kategori Sangat Kurang.

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan keluaran hasil berupa persentase dari tiap-tiap kategori. Teknik yang dilakukan dalam melakukan penelitian dengan melakukan perhitungan kemampuan passing atas yang dilakukan oleh para Atlet secara menyeluruh (totally sampling) sebanyak 25 Atlet yang dilakukan selama 4 hari dan skor yang didapatkan mengacu pada sumber literatur yang ada. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah jumlah Atlet bola voli dari Padepokan Ngawi Junior di Kota Ngawi sesuai dengan kategorinya berdasarkan pada rentang usia para Atlet.

Hasil penelitian didapatkan, untuk Atlet dengan usia kelahiran tahun 2010, terdapat 1 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Sangat Baik, 3 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Baik, 2 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Cukup, dan 1 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Kurang. Kemudian untuk Atlet dengan usia kelahiran tahun 2011, terdapat 2 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Sangat Baik, 3 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Baik, dan 4 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Cukup.

Selanjutnya Atlet dengan usia kelahiran tahun 2012, terdapat 1 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Sangat Baik, dan 3 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Cukup. Terakhir yaitu Atlet dengan usia kelahiran tahun 2013 dimana terdapat 3 Atlet yang termasuk dalam Kategori Cukup dan 2 Atlet yang termasuk kedalam Kategori Kurang.

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Prakosa Gempur Pamungkas, Eko Sudarmanto, Nurhidayat, N., Nur Subekti, N. S., & hadiono, hadiono. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSING DITINJAU DARI KARAKTERISTIK USIA (STUDI KASUS PADA PEMAIN BOLA VOLI PADEPOKAN NGAWI JUNIOR). Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST), 3(1), 254–265. https://doi.org/10.31316/ijst.v3i1.6017