ANALISIS GERAKAN SMASH MENGGUNAKAN SOFTWARE KINOVEA DALAM PERMAINAN BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.31316/ijst.v4i1.6197Keywords:
Bola Voli; Smash; Software KinoveaAbstract
Tujuan dari dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan smash apabila dianalisis menggunakan software kinovea. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 mahasiswa dengan pertimbangan yang ditentukan untuk menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebagai mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa, Mahasiswa aktif UMS. Penelitian ini menggunakan analisis video dengan perangkat lunak kinovea untuk mengukur derajat setiap fase gerakan smash. Penelitian ini telah mengamati busur sudut setiap tahap gerakan dalam melakukan smash, terutama pada fase awal. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa rata-rata busur sudut pada contoh yang diamati adalah sekitar 75˚-78˚. Saat melakukan tolakan dalam gerakan smash, peneliti mencatat bahwa rata-rata contoh menggunakan sudut sekitar 103˚. Pada tahap ketiga gerakan smash, yaitu gerakan pukulan, rata-rata contoh menunjukkan variasi sudut antara 107˚ hingga 115˚, dengan beberapa contoh yang mencapai sudut rendah sekitar 84˚ dan bahkan mencapai sudut tertinggi sebesar 136˚. Dalam fase terakhir gerakan smash yang diteliti, yaitu gerakan pendaratan, contoh umumnya menunjukkan variasi sudut antara 91˚ hingga 96 ˚. Namun, ada variasi di antara contoh-contoh tersebut, di mana beberapa contoh mencapai sudut pendaratan yang lebih rendah sekitar 73˚, sementara yang lain mencapai sudut tertinggi hingga 114˚. Dari analisis ini dan hasil-hasil penelitian sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa gerakan smash dipengaruhi oleh empat gerakan utama, yaitu gerakan awal, gerakan tolakan, gerakan pukulan, dan gerakan pendaratan. Sehingga dalam penelitian ini untuk gerakan smash dalam Unit Kegiatan Mahasiswa UMS dapat dianalisis menggunakan software kinovea.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khafifah Dwi Astuti, Nurhidayat Nurhidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











