UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SONDAKAN SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/ijst.v3i2.7539Keywords:
problem based learning; LKPD; video pembelajara; hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar materi permainan invasi sepakbola peserta didik kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta, pembelajaran masih didominasi dengan motode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan lembar kerja peserta didik dan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar materi permainan invasi sepakbola kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi permainan invasi sepakbola melalui model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan lembar kerja peserta didik dan media video pembelajaran Pada Peserta Didik kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta dengan jumlah 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain 2 siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari 73,90 menjadi 81,20. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan lembar kerja peserta didik dan media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar materi permainan invasi sepakbola peserta didik kelas V SD Negeri Sondakan Surakarta.