PENINGKATAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI RANGKAIAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DEMONSTRASI PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 3 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/ijst.v3i2.7540Keywords:
Keterampilan Senam Lantai; Pembelajaran Berbasis Demonstrasi; Pendidikan JasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan senam lantai peserta didik kelas X di SMK Negeri 3 Surakarta melalui penerapan metode pembelajaran berbasis demonstrasi. Fokus penelitian adalah pada lima gerakan senam lantai, yaitu guling depan, guling belakang, sikap lilin, kayang, dan loncat harimau. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 35 peserta didik yang terpilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penilaian keterampilan senam, di mana hasil observasi awal menunjukkan bahwa hanya 40% peserta didik yang mampu melaksanakan gerakan dengan baik. Setelah diterapkannya metode pembelajaran berbasis demonstrasi selama 8 pertemuan, dilakukan evaluasi akhir yang menunjukkan peningkatan signifikan, di mana 80% peserta didik kini mampu melaksanakan gerakan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan senam lantai peserta didik. Dengan demikian, disarankan agar metode ini diintegrasikan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk meningkatkan keterampilan motorik peserta didik.