PENGARUH INTERVENSI PROGRAM OLAHRAGA TERHADAP PENINGKATAN SELF-ESTEEM PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH KOTA JAYAPURA TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31316/ijst.v3i2.7599Keywords:
Self Esteem; Remaja SMPAbstract
Self-esteem yang rendah pada remaja dapat menyebabkan masalah seperti depresi, kecemasan, dan prestasi akademik yang buruk. Olahraga diakui sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh intervensi program olahraga terhadap peningkatan self-esteem pada siswa SMP Muhammadiyah Kota Jayapura tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol (Randomized Pretest-Posttest Control Group Design). Sampel terdiri dari 60 siswa yang dipilih secara cluster random sampling, dengan 30 siswa dalam kelompok eksperimen yang mengikuti program olahraga selama 12 minggu dan 30 siswa dalam kelompok kontrol. Self-esteem diukur menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) yang telah diadaptasi untuk konteks Indonesia. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan mean skor self-esteem pada semua kategori (Kekuatan, Keberartian, Kebajikan, dan Kemampuan) setelah intervensi program olahraga. Kategori Keberartian mengalami peningkatan paling signifikan dari kategori rendah menjadi sedang. Secara keseluruhan, intervensi program olahraga efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa SMP Muhammadiyah Kota Jayapura, terutama dalam aspek keberartian diri.