Faktor determinan status gizi lebih pada siswa/i di madrasah ibtidaiyah negeri 2 johar baru, jakarta pusat
Abstract
Status gizi lebih merupakan indikator gambaran terpenuhi kebutuhan gizi pada seseorang. Data terkait kegemukan dari, pada umur 5-12 tahun masih tinggi, dan pravalensi tertinggi di DKI Jakarta (Riskesdas, 2013). Penelitian bertujuan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi status gizi lebih pada siswa/i di MIN 2 Johar Baru. Penelitian dengan desain cross sectional, dan teknik purposive sampling yang melibatkan 49 siswa/i kelas IV, V, dan VI pada bulan Juli 2021. Data menggunakan kuesioner secara daring yang diisi sendiri oleh responden. Analisis statistik menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 48,1% responden mengalami status gizi lebih. Hasil bivariat menggunakan uji chi-square terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin (p = 0,000) terhadap status gizi lebih. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur (p = 0,978), pendidikan terakhir orang tua (ayah) (p = 547), pendidikan terakhir orang tua (ibu) (p = 0,174), aktivitas fisik (p = 0,903), menonton televisi (TV) (p = 0,303), dan konsumsi fast food (p = 0,846) terhadap status gizi lebih.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Nutrition and Health Research Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.

