PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI DI ERA INDUSTRI 4.0 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sumargiyani Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Iwan Tri Riyadi Yanto Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Romelan Hamzah Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.1264

Keywords:

model pembelajaran, teknologi.

Abstract

Era revolusi industri 4.0 mengalihkan peralatan yang bersifat tradisional menuju alat – alat yang serba digital. Penyuluhan mengenai model –model pembelajaran dan teknologi dalam pembelajaran dilakukan di SD Muhammadiyah Mertosanan yang  bertujuan untuk memberi wawasan kepada guru-guru SD Muhammadiyah Mertosanan mengenai berbagai macam model pembelajaran dan berbagai teknologi yang berkaitan dengan pembelajaran. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah penyuluhan yang dilakukan secara on line. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mendapat respon yang positip dari para peserta pengabdian dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan adanya masukan untuk diadakan kegiatan pengabdian lanjutan.

References

Diantoro,C.T., Ismaya,E.A., & Widianto,E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Aplikasi Edmodo Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal : WASIS, 1(1),1-6.

Hisbullah., & Firman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal : Cokroaminoto Juornal Of Primary Education (CJPE), 2(2),100-113.

Khalistiana, T.M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Indonesia. Jurnal: Pedadidaktika, 2 (1), 129-140.

Lina .N, L., & Sukmanasa, E., & Pratama, M.Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education , 3(2), 64-72.

Nurfadilah,U. & Suhendar,U. (2018). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Garis Dan Sudut. Jurnal : Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99-107.

Nuritha,C & Tsurayya,A. (201). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan

Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal : Cendekia, 05(01), 48-64.

Prasanti.R & Purnomo,D. (2019). Pengaruh Model TPS Berbantu Media Papontar Terhadap Hasil Belajar Dilihat Dari Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal : Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 309-316.

Sari, R.P., Tusyantari,N.B. & Suswandari,M. 201. Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal : Prima Magistra, 2(1), 9-15.

Sukiyasa,K. & Sukoco. (2013). Pengaruh Mediaanimasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal: Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137.

Sulfemi, W. B. dan Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal : Pendas Mahakam, 3 (2), 151-158.

Sulfemi,W.B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal: Edunomic, 7(2),73-84.

Suparjan & Mariyadi.(2020). Proses Belajar Mengajar Selama Pandemi COVID-19 Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Kalimantan Barat. Jurnal : DIDIKA, VI(2), 314-331.

Yahya,A & Bakri,A.W. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal : Analisa , 6(1), 69-79 .

Downloads

Published

25-02-2021

Citation Check