JAJANAN TRADISIONAL GO ONLINE: SOSIALISASI MARKET PLACE BAGI PELAKU UMKM JAJANAN TRADISIONAL DI DESA TEMPURSARI KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Septyana Luckyta Sari Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Prima Utama Wardoyo Putro Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.1345

Keywords:

Market Place, Marketing, UMKM

Abstract

Masih minimnya pengetahuan masyarakat pelaku UMKM terhadap pemanfaatan teknologi dalam pemasaran menjadikan pemasaran produk UMKM kurang optimal, apalagi ditengah kondisi pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan pemanfaatan teknologi internet dalam pemasaran produk UMKM. Objek kegiatan pengabdian masyarakat adalah UMKM jajanan tradisional yang berada di Desa Tempursari Kabupaten Madiun. Kegiatan ini meliputi pengenalan teknologi sebagai media marketing, pembuatan logo usaha, pembuatan kemasan produk, dan pembuatan akun usaha UMKM pada market place. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan seperti: identifikasi masalah, survei lapangan, perencanaan kegiatan, implementasi kegiatan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Adapun indikator keberhasilan program ini adalah dengan mengukur tiga indikator seperti pengetahuan, sikap dan kesadaran, serta keterampilan. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakannya kegiatan ini adalah: 1) Bertambahnya pengetahuan pelaku UMKM terkait manfaat pemasaran secara daring, 2) Mulai tumbuh sikap dan kesadaran pelaku UMKM tentang pentingnya teknologi dalam menjalankan bisnis mereka, 3) bertambahnya keterampilan pelaku UMKM dalam hal marketing berbasis daring serta adanya keterampilan dalam membuat kemasan produk yang menarik.

References

Anang, T.N. (2020). Sukses Bisnis Toko Online. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

E.H, Sri. (2012). Community Based Tourism Sebagai Pendekatan Pembangunan Pariwisata

Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Airlangga. Vol.20. No. 3/2007-07 Hlm. 191-202 (diakses : 10 Januari 2021)

Hadiwijoyo, Surya Sakti. (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat

(Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta : Grasindo

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Nur Sulistiyowati, Liliek dan Utama, Prima. (2021). Pelatihan Pembuatan Kemasan Batik Tulis Murni Ngangkrik di Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Jurnal Adi Widya. Vol. 5 Nomor 1.

Sari, Septyana L. (2020). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Madiun: Unipma Press.

Soekarya, Titien (2011). Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pengembangan Desa

Wisata. URL: http://www.kemenpar.go.id/asp/detil/asp. Diakses 8 Januari 2021.

Utama, Prima. (2019). Pelatihan Smart Packaging pada Usaha Mikro Emping Jagung di Kabupaten Magetan. Jurnal Berdaya Mandiri Vol. 1 Nomor 2.

Downloads

Published

25-03-2021

Citation Check