PENGEMBANGAN POTENSI KULINER PADUKUHAN GERJEN DALAM UPAYA MENDUKUNG DESA MARGOMULYO SEBAGAI DESA WIRAUSAHA HEBAT
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1444Keywords:
kapasitas produksi, kemasan, e-commerce, desainAbstract
Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat (Mitra) yang memiliki usaha dan berpotensi untuk berkembang namun memiliki berbagai kendala. Kendala tersebut antara lain harga bahan baku yang fluktuatif, kapasitas produksi yang masih terbatas, kerapian dan pengemasan produk, belum adanya ijin PIRT, belum dilakukannya kegiatan pembukuan usaha, serta pemasaran yang masih terbatas.
Dengan adanya pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, kendala-kendala tersebut bisa diatasi. Bahan baku yang fluktuatif serta kapasitas produksi yang terbatas diatasi dengan pengadaan alat pengaduk jenang yang dapat memacu peningkatan volume produksi sehingga biaya produksi dapat ditekan. Usaha peningkatan kualitas dan penentuan desain kemasan yang mampu menambah value dari produk dilakukan dengan mengadakan pelatihan, sehingga produknya layak untuk dijualkan melalui toko oleh-oleh yang ada di Yogyakarta. Sedangkan untuk kerapian produk diatasi dengan pengadaan alat mesin pencetak dan pemotong jenang. Hal ini ditujukan agar produk yang dihasilkan rapi dan memiliki berat bersih yang sama. Mengenai kendala pembukuan dan perijinan PIRT dilakukan pendampingan agar Mitra mampu memiliki ijin usaha dan bisnisnya terbukukan dengan baik. Untuk meningkatkan volume penjualan dilakukan system pemasaran yang memanfaatkan social media, agar jangkauan pasarnya lebih luas.
Â
References
Brennan, J. G. (1978). Wrap it up! Nutrition & Food Science, 78(6), 10–12. https://doi.org/10.1108/eb058730
Butler, R. (2019). Motivation in education at a time of global change: Theory, research, and implications for practice. Advances in Motivation and Achievement, 20, 129–149. https://doi.org/10.1108/S0749-742320190000020001
Gordon L. Robertson. (2006). Good and Bad Packaging: Who Decides? International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 20(8), 37–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/09600039010005575 Downloaded
Harsana, M., Baiquni, M., Harmayani, E., & Widyaningsih, Y. A. (2019). Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Home Economics Journal, 2(2), 40–47. https://doi.org/10.21831/hej.v2i2.23291
Iin Sarinah, Aan Anwar Sihabudin, E. S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Kabupaten Pangandaran. Moderat, 5(3), 267–277.
Jack Hammesfahr, R. D., Pope, J. A., & Ardalan, A. (1993). Strategic Planning for Production Capacity. International Journal of Operations & Production Management, 13(5), 41–53. https://doi.org/10.1108/01443579310028166
Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186
Sukesi, T. W., Irjayanti, A., Hapsari, S. D., & Efendi, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Peningkatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 111–116.
Susanty, A., Handoko, A., & Puspitasari, N. B. (2020). Push-pull-mooring framework for e-commerce adoption in small and medium enterprises. Journal of Enterprise Information Management, 33(2), 381–406. https://doi.org/10.1108/JEIM-08-2019-0227
Tulusan, F. (2014). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah Ii Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 1, 92–105.
Walleigh, R. (1989). Product Design for Low-Cost Manufacturing. Journal of Business Strategy, 10(4), 37. https://doi.org/10.1108/eb039320
Wang, O., Somogyi, S., & Charlebois, S. (2020). Food choice in the e-commerce era : A comparison between business-to-consumer (B2C), online-to-offline (O2O) and new retail. British Food Journal, 122(4), 1215–1237. https://doi.org/10.1108/BFJ-09-2019-0682
Zaini, A. (2018). Pengaruh Kemasan Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pusat Oleh-Oleh. 483–488.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.