PENGEMBANGAN POTENSI KULINER PADUKUHAN GERJEN DALAM UPAYA MENDUKUNG DESA MARGOMULYO SEBAGAI DESA WIRAUSAHA HEBAT

Authors

  • Eni Munarsih Universitas Mahakarya Asia, Indonesia
  • Sugiri Sugiri Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Indonesia
  • M Yudhika Elrifi Universitas Janabadra, Indonesia
  • Endang Hariningsih Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1214-8577

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1444

Keywords:

kapasitas produksi, kemasan, e-commerce, desain

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat (Mitra) yang memiliki usaha dan berpotensi untuk berkembang namun memiliki berbagai kendala. Kendala tersebut antara lain harga bahan baku yang fluktuatif, kapasitas produksi yang masih terbatas, kerapian dan pengemasan produk, belum adanya ijin PIRT, belum dilakukannya kegiatan pembukuan usaha, serta pemasaran yang masih terbatas.

Dengan adanya pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, kendala-kendala tersebut bisa diatasi. Bahan baku yang fluktuatif serta kapasitas produksi yang terbatas diatasi dengan pengadaan alat pengaduk jenang yang dapat memacu peningkatan volume produksi sehingga biaya produksi dapat ditekan. Usaha peningkatan kualitas dan penentuan desain kemasan yang mampu menambah value dari produk dilakukan dengan mengadakan pelatihan, sehingga produknya layak untuk dijualkan melalui toko oleh-oleh yang ada di Yogyakarta. Sedangkan untuk kerapian produk diatasi dengan pengadaan alat mesin pencetak dan pemotong jenang. Hal ini ditujukan agar produk yang dihasilkan rapi dan memiliki berat bersih yang sama. Mengenai kendala pembukuan dan perijinan PIRT dilakukan pendampingan agar Mitra mampu memiliki ijin usaha dan bisnisnya terbukukan dengan baik. Untuk meningkatkan volume penjualan dilakukan system pemasaran yang memanfaatkan social media, agar jangkauan pasarnya lebih luas.

 

Author Biographies

Eni Munarsih, Universitas Mahakarya Asia

Prodi Akuntansi

Endang Hariningsih, Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa

Program studi saya adalah Manajemen konsentrasi Pemasaran

References

Brennan, J. G. (1978). Wrap it up! Nutrition & Food Science, 78(6), 10–12. https://doi.org/10.1108/eb058730

Butler, R. (2019). Motivation in education at a time of global change: Theory, research, and implications for practice. Advances in Motivation and Achievement, 20, 129–149. https://doi.org/10.1108/S0749-742320190000020001

Gordon L. Robertson. (2006). Good and Bad Packaging: Who Decides? International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 20(8), 37–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/09600039010005575 Downloaded

Harsana, M., Baiquni, M., Harmayani, E., & Widyaningsih, Y. A. (2019). Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Home Economics Journal, 2(2), 40–47. https://doi.org/10.21831/hej.v2i2.23291

Iin Sarinah, Aan Anwar Sihabudin, E. S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Kabupaten Pangandaran. Moderat, 5(3), 267–277.

Jack Hammesfahr, R. D., Pope, J. A., & Ardalan, A. (1993). Strategic Planning for Production Capacity. International Journal of Operations & Production Management, 13(5), 41–53. https://doi.org/10.1108/01443579310028166

Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186

Sukesi, T. W., Irjayanti, A., Hapsari, S. D., & Efendi, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Peningkatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 111–116.

Susanty, A., Handoko, A., & Puspitasari, N. B. (2020). Push-pull-mooring framework for e-commerce adoption in small and medium enterprises. Journal of Enterprise Information Management, 33(2), 381–406. https://doi.org/10.1108/JEIM-08-2019-0227

Tulusan, F. (2014). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah Ii Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 1, 92–105.

Walleigh, R. (1989). Product Design for Low-Cost Manufacturing. Journal of Business Strategy, 10(4), 37. https://doi.org/10.1108/eb039320

Wang, O., Somogyi, S., & Charlebois, S. (2020). Food choice in the e-commerce era : A comparison between business-to-consumer (B2C), online-to-offline (O2O) and new retail. British Food Journal, 122(4), 1215–1237. https://doi.org/10.1108/BFJ-09-2019-0682

Zaini, A. (2018). Pengaruh Kemasan Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pusat Oleh-Oleh. 483–488.

Downloads

Published

31-08-2021

Citation Check