KULIAH KERJA NYATA DARI RUMAH SEBAGAI UPAYA MEMANDIRIKAN MASYARAKAT DI ERA PANDEMI

Authors

  • Dani Prastiwi Universitas Pekalongan, Indonesia
  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan, Indonesia
  • Mahirun Mahirun Universitas Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1506

Keywords:

KKN daring, pandemi, pengabdian masyarakat

Abstract

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika dituangkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Di masa pandemi Covid-19, muncul permasalahan di berbagai sektor yang dampaknya dirasakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Kemajuan teknologi menjadi pendukung untuk pelaksanaan KKN secara online ditengah keterbatasan individu yang dituntut untuk melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. KKN dari rumah ini bertujuan mengembangkan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di era Pandemi Covid-19. Seluruh kegiatan KKN dilakukan secara daring menggunakan kombinasi dari aplikasi Google Classroom, Google Meet, Quizizz, Google Form, Whatsapp, Instagram, dan Youtube. KKN dilaksanakan selama 3 minggu dengan fokus pada bidang kesehatan, lingkungan dan ketahanan pangan, serta ekonomi.  KKN berhasil dilaksanakan dengan lingkup kegiatan di bidang kesehatan, ketahanan pangan, lingkungan, dan juga ekonomi. Kegiatan di bidang kesehatan antara lain kampanye PHBS, pelatihan pembuatan hand sanitizer, dan penyemprotan fasum dengan disinfektan. Sedangkan kegiatan di bidang ekonomi adalah pelatihan pemasaran produk UKM secara online dan pelatihan pembuatan produk jamu tradisional sebagai upaya pencegahan Covid 19. Adapun kegiatan di bidang lingkungan dan ketahanan pangan adalah pengadaan bibit pangan di sekitar lingkungan warga. Semua program dapat diterima dan diapresiasi secara baikoleh warga.

References

Fatimah, C., & Ardiani, R.. 2018. Pembuatan Hand Sanitizer (Pembersih Tangan Tanpa Air) Menggunakan Antiseptik Bahan Alami. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian. Vol. 1, No. 1, pp :336-343.

Handayani, S, & Surya A. S. 2019. "Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Penggunaan Sistem KKN Online dengan Pendekatan Tam." Journal of Technopreneurship and Information System, vol. 2, no. 2, pp. 53-58, doi:10.36085/jtis.v2i2.313.

Islamiyah, M., & Widayanti, L. 2016. Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 41-46.

Mardhiyana, D., & Nasution, N. B. 2019. Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).

Sumartono, & Astuti, H. 2018. Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Komunikasi Vol. 15 (1) : 8-14.

Downloads

Published

31-08-2021

Citation Check