KULIAH KERJA NYATA DARI RUMAH SEBAGAI UPAYA MEMANDIRIKAN MASYARAKAT DI ERA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1506Keywords:
KKN daring, pandemi, pengabdian masyarakatAbstract
Program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika dituangkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Di masa pandemi Covid-19, muncul permasalahan di berbagai sektor yang dampaknya dirasakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Kemajuan teknologi menjadi pendukung untuk pelaksanaan KKN secara online ditengah keterbatasan individu yang dituntut untuk melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. KKN dari rumah ini bertujuan mengembangkan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di era Pandemi Covid-19. Seluruh kegiatan KKN dilakukan secara daring menggunakan kombinasi dari aplikasi Google Classroom, Google Meet, Quizizz, Google Form, Whatsapp, Instagram, dan Youtube. KKN dilaksanakan selama 3 minggu dengan fokus pada bidang kesehatan, lingkungan dan ketahanan pangan, serta ekonomi. Â KKN berhasil dilaksanakan dengan lingkup kegiatan di bidang kesehatan, ketahanan pangan, lingkungan, dan juga ekonomi. Kegiatan di bidang kesehatan antara lain kampanye PHBS, pelatihan pembuatan hand sanitizer, dan penyemprotan fasum dengan disinfektan. Sedangkan kegiatan di bidang ekonomi adalah pelatihan pemasaran produk UKM secara online dan pelatihan pembuatan produk jamu tradisional sebagai upaya pencegahan Covid 19. Adapun kegiatan di bidang lingkungan dan ketahanan pangan adalah pengadaan bibit pangan di sekitar lingkungan warga. Semua program dapat diterima dan diapresiasi secara baikoleh warga.
References
Fatimah, C., & Ardiani, R.. 2018. Pembuatan Hand Sanitizer (Pembersih Tangan Tanpa Air) Menggunakan Antiseptik Bahan Alami. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian. Vol. 1, No. 1, pp :336-343.
Handayani, S, & Surya A. S. 2019. "Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Penggunaan Sistem KKN Online dengan Pendekatan Tam." Journal of Technopreneurship and Information System, vol. 2, no. 2, pp. 53-58, doi:10.36085/jtis.v2i2.313.
Islamiyah, M., & Widayanti, L. 2016. Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 41-46.
Mardhiyana, D., & Nasution, N. B. 2019. Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).
Sumartono, & Astuti, H. 2018. Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Komunikasi Vol. 15 (1) : 8-14.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.