PENINGKATAN KETERAMPILAN MATEMATIS SISWA MELALUI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1602Keywords:
Keterampilan Matematis, Inovasi, Media Pembelajaran MatematikaAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan secara daring bersama dengan mitra dari Rumah Belajar Kita (RBK) dibawah naungan Yayasan bangun Kecerdasan Bangsa. Beberapa permasalahan yang ada di RBK tersebut, diantaranya adalah Rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan atau keterampilan matematis siswa, pembelajaran yang masih monoton sehingga siswa cenderung pasif, kurang adanya komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa, serta lembaga yang belum dapat memfasilitasi untuk meningkatkan inovasi pembelajaran matematika untuk para pengajar di RBK. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah metode pelatihan. Peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan menyadari bahwa motivasi, inovasi serta pengembangan potensi diri merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk meningkatkan minat, aktivitas belajar dan keterampilan matematis siswa dengan menggunakan bantuan media pembelajaran yang tepat.Â
References
Andrijati, Noening. 2014. Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan. 31 (2): 123-132. https://media.neliti.com/media/publications/125160-ID-penerapan-media-pembelajaran-inovatif-da.pdf
Irpan, Samsul. 2012. Dienes’ Multiple Embodiments And The Sequence Of Instruction (Sajian Materi Dan Urutan Instruksi Dari Teori Dienes). Jurnal Beta. 5(2): 108-123
Ratumanan, Tanwey Gerson dan Laurens, Theresia. 2016. ANALISIS PENGUASAAN OBJEK MATEMATIKA (Kajian pada Lulusan SMA Di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 1(2): 146-154. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/4005/2221
Sudarto. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model NHT Siswa Kelas II SDN Bonangrejo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 (Improving The Second Grade Students' Activity and Their Mathematic Achievement Through NHT Model of SDN Bonangrejo In Academic Year of 2015/2016). Jurnal Edukasi. IV (1): 4-7
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.