PENINGKATAN KETERAMPILAN MATEMATIS SISWA MELALUI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Leny Hartati Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Huri Suhendri Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1602

Keywords:

Keterampilan Matematis, Inovasi, Media Pembelajaran Matematika

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan secara daring bersama dengan mitra dari Rumah Belajar Kita (RBK) dibawah naungan Yayasan bangun Kecerdasan Bangsa. Beberapa permasalahan yang ada di RBK tersebut, diantaranya adalah Rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan atau keterampilan matematis siswa, pembelajaran yang masih monoton sehingga siswa cenderung pasif, kurang adanya komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa, serta lembaga yang belum dapat  memfasilitasi untuk meningkatkan inovasi pembelajaran matematika untuk para pengajar di RBK. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah metode pelatihan. Peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan menyadari bahwa motivasi, inovasi serta pengembangan potensi diri merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk meningkatkan minat, aktivitas belajar dan keterampilan matematis siswa dengan menggunakan bantuan media pembelajaran yang tepat. 

References

Andrijati, Noening. 2014. Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan. 31 (2): 123-132. https://media.neliti.com/media/publications/125160-ID-penerapan-media-pembelajaran-inovatif-da.pdf

Irpan, Samsul. 2012. Dienes’ Multiple Embodiments And The Sequence Of Instruction (Sajian Materi Dan Urutan Instruksi Dari Teori Dienes). Jurnal Beta. 5(2): 108-123

Ratumanan, Tanwey Gerson dan Laurens, Theresia. 2016. ANALISIS PENGUASAAN OBJEK MATEMATIKA (Kajian pada Lulusan SMA Di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 1(2): 146-154. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/4005/2221

Sudarto. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model NHT Siswa Kelas II SDN Bonangrejo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 (Improving The Second Grade Students' Activity and Their Mathematic Achievement Through NHT Model of SDN Bonangrejo In Academic Year of 2015/2016). Jurnal Edukasi. IV (1): 4-7

Downloads

Published

12-12-2021

Citation Check