PELATIHAN PEMANFAATAN LMS EDMODO UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU MADRASAH DI KECAMATAN SUMENEP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1716

Keywords:

LMS Edmodo, Pembelajaran Daring, Guru Madrasah

Abstract

Pembelajaran daring yang dilakukan saat ini menjadi kendala bagi guru terutama oleh guru Madrasah di Kecamatan Sumenep. Salah satu kendala yang dihadapi yaitu guru kerepotan dalam mengelola file tugas siswa yang selama ini proses pembelajarannya hanya menggunakan Whatsapp. Kendala tersebut merupakan tantangan yang perlu dihadapi oleh guru di masa pandemic ini. Tujuan diadakannya pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan bagaimana menggunakan LMS Edmodo dan melatih guru menggunakan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah (1) ceramah, tanya jawab, dan diskusi yang digunakan untuk memberikan informasi dan penyampaian konsep-konsep penting yang berkaitan dengan LMS Edmodo, (2) pendampingan selama peserta praktek memanfaatkan Edmodo, (3) evaluasi pelaksanaan pelatihan ini. Hasil yang dicapai adalah 94% dari seluruh peserta mampu mengelola LMS Edmodo mulai dari memiliki akun, melengkapi profil pada akun Edmodo, dan memberikan instruksi aktivitas belajar utnuk siswa.

Author Biographies

Ibrahim Sani Ali Manggala, UIN Maulana Malik Ibrahim

Tadris Matematika

Taufiq Satria Mukti, UIN Maulana Malik Ibrahim

Tadris Matematika

References

Abdul Kadir. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo di MAN Lhokseumawe. Numeracy, 7(2). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198

‘Adna, S. F., & Nasution, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Whiteboard Animation pada Guru-guru MGMP Matematika SMP Kota Pekalongan. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 436–445. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.981

Alifiyanti, I. F., Afifah, F. H., & Ramadoan, N. (2019). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo Materi Fluida Dinamis untuk Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 3, 155. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28536

Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek dan Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Pembelajaran yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 180–187.

Karimah, S., Utami, R., & Hidayah, N. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 97. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.132

Leny Dhianti. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80–84. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10

Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar (Studi Kasus di SMK Negeri AL Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50–56.

Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (LMS) di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.222

Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, Y. (2018). Efektivitas penggunaan media edmodo sebagai penunjang pembelajaran kimia. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 033–045.

Okmayura, F., Effendi, N., & Jefiza, A. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Aplikasi Edmodo bagi Para Guru Bidang Kejuruan di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 89–92.

Ompusunggu, V. D. K., & Sari, N. (2019). Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Curere, 3(2). https://doi.org/10.36764/jc.v3i2.250

Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog sebagai Media dalam Pembelajaran SMK (Training of Blog Development as a Medium in Vocational Learning). 2(2), 9.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101.

Sudiana, R., & Si, M. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. 9.

Sumargiyani, S., Yanto, I. T. R., & Hamzah, R. (2021). Penerapan Model-model Pembelajaran dan Teknologi di Era Industri 4.0 di Sekolah Dasar. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 468–475. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.1264

Tentua, M. N., & Saputra, N. (2020). Pengembangan dan Pendampingan Website TK Aba An-Nur (Development and Accompaniment Aba An-Nur Kindergarten Website). 2(1), 13.

Utami, N. R., Novitasari, K., Handoko, H., Anggita, S., & Widyastuti, T. M. (2019). Pelatihan Pengembangan Strategi Pembelajaran Literasi Awal pada Guru Taman Kanak-kanak (Training Development Of Early Literacy Learning Strategy for Kindergarten Teachers). 1(1), 10.

Warniasih, K., Rahmawati, S., & Utami, N. W. (2020). Workshop dan Pendampingan PTK Kolaboratif di SDN Tamansari 1 dan 2 Yogyakarta. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 133–143. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i2.630

Yana, D., & Adam, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform LMS sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi, 8(1). https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816

Yuniawatika, Y., & Nuraini, N. L. S. (2017). Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Scientific dengan Pembelajaran Karakter Terintegrasi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Zhafiri, L., & Ekohariadi, E. (2020). Studi Literatur Efektifitas E-Learning melalui Edmodo dan Google Classroom dalam Pembelajaran di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 564–572.

Downloads

Published

28-02-2022

Citation Check