PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIK DAN PEMBELAJARAN MENUJU MADRASAH YANG UNGGGUL DAN BERKELANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.1742Keywords:
Kualitas Pembelajaran, Pedagogi guru, Evaluasi pembelajaranAbstract
Kualitas madrasah umumnya lebih rendah daripada sekolah negeri baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama atau atas, namun hasiil penelitian bahwa kualitas sebuah instansi dapat diukur dengan kualitas pembelajaran di kelas. Kualitas pembelajaran memiliki 2 indikator yang diukur yaitu keterampilan guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dan pedagogi yang dimiliki guru. Tujuan kegiatan pengabdian ini merupakan mengukur kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Sunan Drajat Lamongan (MI Murni) dan mengoptimalkan kelemahan yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu FGD, pengembangan isntrumen, validasi, observasi awal, workshop dan observasi akhir. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatnya keterampilan perencanaan guru pada perancangan proses pembejaran setelah diukur dengan N-Gain, peningkatan keterampilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan kriteria sedang, peningkatan kategori sedang dalam keterampilan evaluasi pembelajaran dan peningkatan dengan kategori sedang pada pengetahuan guru secara pedagogi. Kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sehingga kualitas madrasah mampu meningkat secara kelembagaan. Rencana selanjutnya pada kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan pembelajaran al-qur’an dan tahfidz yang diajarkan pada madrasah
References
Abdurrahim, Jumiati, Zakky Zamrudi, D. S. P. (2013). PELATIHAN MANAJEMEN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Adha, M. A., Gordinsona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia Maulana Amirul Adha Universitas Negeri Malang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145–160. Retrieved from http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JSMPI
Adha, M. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 11. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1794
Agus Supandi, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, & Sigit Widiyarto. (2019). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA), 1–6.
Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 148. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9450
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331–340. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i4.229
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 119. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589
Febliza, A., & Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan. 3(2), 114–127.
Hariwirawan, I. K. (2020). Kontribusi pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760434
Haryono, Budiyono, Istyarini, Wardi, & Ardiantoro, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Jurnal Panjar, 1(1), 17–22.
Indrianto, N., & Nurul Fatmawati, D. (2020). Teacher Skills in Classroom Management in Thematic Learning in Elementary Schools/Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 15. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.335
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Purbojo, A. W. S. & R. (2020). Efikasi Diri Guru , Pemahaman Tentang Karakter. 7, 192–211. https://doi.org/10.24854/jpu02020-300
Puspitasari, H. (2017). STANDAR PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM A . Pendahuluan Pendidikan Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan , baik tantangan internal maupun tantangan eksternal . Tantangan internal adalah banyak sekolah yang belum memenuhi delapan Standar Nasional. Muslim Heritage, 1(2), 339–368.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2369
Septaria, K., Dewanti, B. A., & Afidah, M. I. El. (2020). Development Of Module Disaster Mitigation Based On Stem For Secondary Schools. Jurnal Peneliltian Pendidikan IPA, 5(2), 61–68.
Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Strategy Management to Improve the Quality of Education. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(1), 57–66.
Suntari. (2020). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru SDN 2 Sambongrejo dalam mengembangkan indikator dan instrumen penilaian melalui supervisi klinis di semester I.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Winarsih, B. D., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru Paud Tentang Deteksi Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Kpsp. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.31596/jpk.v3i2.82
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Berdaya Mandiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.