PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIK DAN PEMBELAJARAN MENUJU MADRASAH YANG UNGGGUL DAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Kiki Septaria Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Miftahus Sholihin Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Abdul Kholiq Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Erna Hayati Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Vanesta Ikhsana Putri Maulana Universitas Islam Lamongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.1742

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Pedagogi guru, Evaluasi pembelajaran

Abstract

Kualitas madrasah umumnya lebih rendah daripada sekolah negeri baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama atau atas, namun hasiil penelitian bahwa kualitas sebuah instansi dapat diukur dengan kualitas pembelajaran di kelas. Kualitas pembelajaran memiliki 2 indikator yang diukur yaitu keterampilan guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dan pedagogi yang dimiliki guru. Tujuan kegiatan pengabdian ini merupakan mengukur kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Sunan Drajat Lamongan (MI Murni) dan mengoptimalkan kelemahan yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu FGD, pengembangan isntrumen, validasi, observasi awal, workshop dan observasi akhir. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatnya keterampilan perencanaan guru pada perancangan proses pembejaran setelah diukur dengan N-Gain, peningkatan keterampilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan kriteria sedang, peningkatan kategori sedang dalam keterampilan evaluasi pembelajaran dan peningkatan dengan kategori sedang pada pengetahuan guru secara pedagogi. Kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sehingga kualitas madrasah mampu meningkat secara kelembagaan. Rencana selanjutnya pada kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan pembelajaran al-qur’an dan tahfidz yang diajarkan pada madrasah

References

Abdurrahim, Jumiati, Zakky Zamrudi, D. S. P. (2013). PELATIHAN MANAJEMEN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Adha, M. A., Gordinsona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia Maulana Amirul Adha Universitas Negeri Malang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145–160. Retrieved from http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JSMPI

Adha, M. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 11. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1794

Agus Supandi, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, & Sigit Widiyarto. (2019). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA), 1–6.

Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 148. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9450

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331–340. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i4.229

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 119. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589

Febliza, A., & Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan. 3(2), 114–127.

Hariwirawan, I. K. (2020). Kontribusi pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760434

Haryono, Budiyono, Istyarini, Wardi, & Ardiantoro, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Jurnal Panjar, 1(1), 17–22.

Indrianto, N., & Nurul Fatmawati, D. (2020). Teacher Skills in Classroom Management in Thematic Learning in Elementary Schools/Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 15. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.335

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Purbojo, A. W. S. & R. (2020). Efikasi Diri Guru , Pemahaman Tentang Karakter. 7, 192–211. https://doi.org/10.24854/jpu02020-300

Puspitasari, H. (2017). STANDAR PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM A . Pendahuluan Pendidikan Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan , baik tantangan internal maupun tantangan eksternal . Tantangan internal adalah banyak sekolah yang belum memenuhi delapan Standar Nasional. Muslim Heritage, 1(2), 339–368.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2369

Septaria, K., Dewanti, B. A., & Afidah, M. I. El. (2020). Development Of Module Disaster Mitigation Based On Stem For Secondary Schools. Jurnal Peneliltian Pendidikan IPA, 5(2), 61–68.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Strategy Management to Improve the Quality of Education. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(1), 57–66.

Suntari. (2020). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru SDN 2 Sambongrejo dalam mengembangkan indikator dan instrumen penilaian melalui supervisi klinis di semester I.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Winarsih, B. D., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru Paud Tentang Deteksi Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Kpsp. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.31596/jpk.v3i2.82

Published

01-07-2022

Citation Check