PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT UNTUK SOSIALISASI PROGRAM DIGITALISASI UMKM DI WILAYAH JAKARTA PUSAT

Authors

  • Mercurius Broto Legowo Perbanas Institute Jakarta, Indonesia
  • Deden Prayitno Perbanas Institute Jakarta, Indonesia
  • Budi Indiarto Perbanas Institute Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1766

Keywords:

Digitalisasi, Kemitraan, Masyarakat, Program, Sosialisasi, UMKM

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan paradigma baru dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang betujuan untuk mengembangkan usaha dimasyarakat yang produktif secara ekonomi untuk meningkatkan kinerja usahanya melalui program digitalisasi UMKM. Sosialisasi ProgramDigitalisasi ini mengambil studi kasus Usaha Kecil  Menengah di wilayah Jakarta Pusat. Permasalahan yang dihadapi kedua UMKM mitra tersebut adalah keterbatasan pengetahuan UMKM tentang model bisnis berbasis digital dan praktik digitalisasi menggunakan platform digital. Metode pelaksanaan kegiatan program ini meliputi edukasi dan penyuluhan tentang manajemen bisnis, pengenalan, dan praktik penggunaan platform digital untuk digitalisasi UMKM. Hasil program sosialisasi kepada kedua mitra UMKM tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman inovasi model bisnis dan praktik digitalisasi dalam kinerja bisnisnya. Program Kemitraan Masyarakat ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dan berkelanjutan terhadap Program Digitalisasi UMKM pemerintah, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

References

Bogavac, M., Prigoda, L., & Cekerevac, Z. P. (2020). SMEs Digitalization and The Sharing Economy. MEST Journal, (March), 36–47.

CNN Indonesia. (2020). Teten : Banyak Pelaku UMKM Tak Pikirkan Model. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200913122158-92-545851/teten-banyak-pelaku-umkm-tak-pikirkan-model-bisnis

CNN Indonesia. (2021). Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital Pada 2023. In CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210111110041-92-592065/pemerintah-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-pada-2023

Legowo, M. B., Indiarto, B., & Prayitno, D. (2020). Information Technology Adoption Efforts in Improving The Performance of Indonesia SMEs. International Journal of Progressive, 21(2), 134–140.

Liliani, L., & Wiliana, J. (2018). Kapabilitas Dinamis UMKM dalam Merespons Perubahan Lingkungan Bisnis. Business and Finance Journal, 3(1), 33–46.

Priyono, A., Moin, A., & Putri, vera N. A. (2020). Identifying-digital-transformation-paths-in-the-business-model-of-smes-during-the-covid19-pandemic2020Journal-of-Open-Innovation-Technology-Market-and-ComplexityOpen-Access.pdf. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(104), 1–22.

Rachinger, M., Rauter, R., Müller, C., Vorraber, W., & Schirgi, E. (2018). Digitalization and its influence on business model innovation. Journal of Manufacturing Technology Management, 30(8), 1143–1160.

Singh, P., Gandhi, M., & Gramodaya, C. (2017). Impact of Digitalization on Small and Medium Enterprises in India. Indian Journal of Research, 6(4), 468–469.

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L. L. (2017). Strategi Pengembangan UMKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136.

Startupranking. (2019). Startup Ranking Countries. Retrieved from https://www.startupranking.com/countries

Ulas, D. (2019). Digital Transformation Process and SMEs. Procedia Computer Science, 158, 662–671.

Wayman, O. (2019). Models for Financing Digital Projects (March). Luxembourg: European Investment Bank.

Westerlund, M. (2020). Digitalization, internationalization and scaling of online SMEs. Technology Innovation Management Review, 10(4), 48–57.

Downloads

Published

27-09-2021

Citation Check