PENERAPAN TEKNOLOGI PADA PRODUKSI ABON LELE KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) BINA BAHARI KOTA CIREBON

Authors

  • Ramlah Puji Astuti Universitas Swadaya Gunungjati, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-5736-2964
  • Moh Yudi Mahadianto Universitas Swadaya Gunungjati, Indonesia
  • Hannah Faulia Universitas Swadaya Gunungjati, Indonesia
  • Ro’atinah Ro’atinah Universitas Swadaya Gunungjati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1790

Keywords:

Financial Report, Digital Marketing, MSME

Abstract

Perkembangan UMKM di Kota Cirebon tak luput dari berbagai permasalahan yang ada. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah masih rendahnya kesadaran pelaku UMKM dalam membuat laporan keuangan. Selain itu rendahnya kesadaran dan pemahaman pelaku UMKM terhadap penggunaan teknologi dalam pemasaran secara digital juga menjadi masalah dalam perkembangan UMKM Kegiatan pendampingan kali ini akan memfokuskan pada pentingnya pemasaran serta membuat laporan keuangan secara diginal untuk UMKM serta peningkatan kemampuan pemasaran secara digital pada UMKM. Metode yang digunakan dalam pendampingan kali ini adalah metode pendampingan secara langsung yang melibatkan peran pelaku UMKM dalam fokus kajian. Tahap awal dilakukan sosialisas kepada pelaku UMKM. Selanjutnya diberikan pelatihan mengenai pemasaran dan pelaporan Keuangan secara digital. Terakhir pelaku UMKM diberikan pendampingan dalam membuat akun marketplace dan laporan keuangan digital. Hasil kegiatan pendampingan ini terlihat dengan adanya peran serta aktif dari pelaku UKM untuk mulai melakukan pemasaran secara digital serta membuat catatan aktivitas keuangan usahnya selama beberapa minggu terakhir saat masa evalusai dan monitoring. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif sehingga dapat direkomebdasikan untuk kegiatan pendampingan selanjutnya dengan fokus yang lainya.

References

Bappenas. 2006. Upaya Pemberdayakan UMKM.

Badan Pusat Statistik. 2019. “Statistik Daerah Kota Cirebon 2019.â€

Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. 2019. “Cirebon Satu Data.†: 1–2. https://satin.cirebonkota.go.id.

Inasius, Fany. 2015. “PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI USAHA MIKRO DAN KECIL DI INDONESIA: KEBIJAKAN DAN IMPLIKASI.†Binus Bussiness Review.

Muizu, Wa Ode Zusnita. 2017. “Pendampingan Pengelolaan Umkm Di Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon-Jawa Barat.†Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017 (pp.100-103) 2017: 100–103.

Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Pasal 3 tentang Tujuan UMKM. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2018. Kementrian Keuangan. APBN 2018. Data statistik Kementerian Koperasi dan UMKM, (Online)

Sriyana, Jaka. 2010. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM): Studi Kasus Di Kabupaten Bantul Paper pada Simposium Nasional 2010: Menuju Purworejo Dinamis dan Kreatif.

Downloads

Published

26-02-2022

Citation Check