PENDAMPINGAN PERENCANAAN KARIR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DI MTS TA’ALLAMUL HUDA DESA SUMBEREJO, KECAMATAN PONCOKUSUMO

Authors

  • Yuniawatika Yuniawatika Universitas Negeri Malang, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-2395-7326
  • Dimas Aunul Haqq Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Puspitasari Ayu Dewi Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.1798

Keywords:

pendampingan, perencanaan karir, cita-cita

Abstract

Pendampingan ini didasari adanya fenomena putus sekolah siswa MTs Ta’allamul Huda. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dipandang perlu untuk memberikan pendampingan perencanaan karir di MTs Ta’allamul Huda dalam mencegah siswa putus sekolah. Tujuan dari kegiatan pendampingan perencanaan karir di MTs Ta’allamul Huda ialah untuk memperkenalkan kepada siswa bahwa pentingnya perencanaan karir sedini mungkin. Pendampingan yang dilakukan melalui bimbingan klasikal dengan metode ekspositori yang dibarengi dengan tanya jawab dan curah pendapat agar siswa dapat memahami secara langsung karir, cita-cita dan jalur pendidikan yang perlu ditempuh untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Hasil kegiatan ini adalah siswa yang sebelumnya menjawab dengan ragu-ragu ketika ditanya mengenai kesiapan mereka melanjutkan sekolah menjadi memiliki cita-cita serta menjadi yakin akan melanjutkan sekolah sesuai dengan cita-cita yang mereka miliki. Dengan adanya pendampingan perencanaan karir ini diharapkan siswa kelas 9 di MTs Ta’allamul Huda mampu merencanakan serta memilih karir sesuai dengan minat dan bakatnya untuk masa depan yang lebih baik.

References

Arianti, S., Marni, Syarief, A., Wurdianto, K., Suprapti, W., Indrayanti, A. L., & Hakim, A. R. (2021). PENDAMPINGAN REAKTIVASI WISATA AIR HITAM SUNGAI SABANGAU KOTA PALANGKA RAYA (ASSISTENCE OF REAKTIVATION OF THE BLACK WATER TOURISM IN THE SABANGAU RIVER, PALANGKA RAYA. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 502–517. https://journal.upy.ac.id/index.php/lppm/article/view/1249/991

Asmara, Y. R. I., & Sukadana, I. W. (2016). MENGAPA ANGKA PUTUS SEKOLAH MASIH TINGGI? (STUDI KASUS KABUPATEN BULELENG BALI). E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(12), 1347–1383. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/23557

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466

Farozin, M. (2019). PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. 11(2), 143–156.

Fatimah, S. (2018). PENDAMPINGAN PERENCANAAN KARIR DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA SMK. Jurnal Psikodidaktika, 3(1), 1–11. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/300/429

Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Edukasi, 1(1), 94–101.

Permadi, N. E. (2016). Masalah-Masalah Yang Dihadapi Peserta Didik Dalam Perencanaan Karir Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Karir. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 134–145.

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Rosmana, F. H., Wikanengsih, & Suherman, M. M. (2019). Gambaran perencanaan karier siswa smp. Fokus, 3(4), 147–151.

Sudiharta, P. S., & Sutrisna, K. (2014). Pengaruh PDRB Per Kapita, Pendidikan dan Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Bali. 3(10), 431–439.

Suryana, H. T. effendi. (2012). Analisis Terhadap Tingginya Angka Putus Sekolah Siswa Smp Terbuka. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 69–88. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/download/366/26

Widowati, D. (2016). Karir Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi. Buletin Ekonomi, 14(1), 33–40.

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosda Karya.

Published

01-07-2022

Citation Check