PENDAMPINGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEBERLANJUTAN USAHA PARE ENGLISH COURSE DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Annisa Nurfitriana STIE EKUITAS, Indonesia
  • Hana Fadhilah STIE Ekuitas, Indonesia
  • Nurul Fatimah STIE Ekuitas, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1801

Keywords:

Keberlanjutan Usaha, Sistem Informasi, Pemasaran

Abstract

Pandemi covid 19 telah berdampak pada aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Pare English Course (PEC) merupakan salah satul lembaga yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan keberlangsungan usahanya. Hal ini dikarenakan turunnya jumlah siswa dan masih minimnya penerapan sistem di lembaga tersebut. Permasalahannya yaitu akuntansi, pemasaran dan metode pendidikan.  Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahap yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap pendampingan. Setelah tahapan tersebut selesai, hasil pendampingan dari pengabdian ini yaitu PEC sudah bisa melakukan pencatatan dan pelaporan yang sederhana baik secara manual dan sistem, PEC sudah bisa membuat desain yang lebih menarik untuk di pasarkan melalui media online, dan PEC sudah mulai menggunakan sistem metode pembelajaran secara daring dengan menggukan aplikasi seperti zoom, cloud x dan google classroom. Maka dari itu, pengelolaan keuangan PEC lebih baik, jumlah siswa mengalami peningkatan dan metode pembelajaran jadi lebih efektif dan efisien.

Kata kunci: Keberlanjutan Usaha, Sistem Informasi, Pemasaran

References

Ernest, N. (2018). The Role of Bookkeeping on the Survival of Very Small Businesses in the Kumba Municipality. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 4(10), 713–723. https://doi.org/10.22161/ijaems.4.10.1

Google. (2020). Pembukuan UKM - Android Apps on Google Play. Apps. https://play.google.com/store/search?q=pembukuanukm&c=apps&hl=en_US&gl=US

Hanifah. (2018). The Analysis of Understanding SMEs to Cost of Product Determining the Price and The Impact on Business Profit in Tourist Destination of South Coast Tourism Area in Garut Regency. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 16(1), 57–67.

Kholmi, M. (2011). Implementasi SAK ETAP untuk UMKM: Sebuah Telaah Kritis. Prosiding Seminar Nasional Diesnatalis 47th FEB UMM., 2011, 189–197.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. In Advances in Internet of Things (14th ed.). Pearson Education, Inc.

Nwobu, O., Faboyede, S. O., & Onwuelingo, A. T. (2015). The role of accounting services in small and medium scale businesses in Nigeria. Journal of Accounting, Business & Management, 22(1), 55–63. https://login.ezproxy.myucwest.ca/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=102973935&site=eds-live

Puryati, D. (2018). The Influences of Accounting Perception and Knowledge on Implementation of Accounting in Small and Medium Enterprises (SMEs). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 16(1), 12–21.

Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan Umkm Serta Prospek Implementasi Sak Etap. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1–21. https://doi.org/10.21002/jaki.2012.01

Sholikin, A., & Setiawan, A. (2018). Kesiapan Umkm Terhadap Implementasi Sak Emkm (Studi Umkm Di Kabupaten Blora). Journal of Islamic Finance and Accounting, 1(2), 35. https://doi.org/10.22515/jifa.v1i2.1441

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2012). Accounting Principles (10th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

31-08-2021

Citation Check